ANALISIS LABA PADA PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK FOOD TRUCK DI DESA KENCONG KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER

Maulina, Luluk (2022) ANALISIS LABA PADA PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK FOOD TRUCK DI DESA KENCONG KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER. Diploma thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Skripsi Luluk di watermark 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Luluk Maulina, Dr. Khamdan Rifa’I, S.E., M.Si. : Analisis Laba pada Persaingan Pasar Monopolistik Food Truck di Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember.
. Food truck merupakan konsep atau ide penjualan makanan dengan menggunakan sebuah kendaraan yang telah dimodifikasi menjadi media usahanya. Cara pemesanan serta pelayanan yang dikatakan unik yaitu apa saja dikerjakan dalam sebuah kendaran yang sudah di desain sedemikian rupa dan juga food truck sendiri ini memiliki kelebihan dapat berpindah-pindah tempat, tidak seperti restoran pada umumnya sehingga dapat memudahkan masyarakat apabila ingin membeli makanan atau minuman tersebut. Usaha food truck ini memang sangat unik dan berpeluang besar menarik konsumen, sebab food truck sendiri merupakan bentuk ekonomi kreatif atau industri kreatif yakni pendekatan, tren, konsep dan juga kegiatan ekonomi yang bersumber dari kreatifitas, inovasi, bakat, ide dan gagasan serta mengandalkan sumber daya manusia sebagai faktor produksi untuk menjalankan ekonomi.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perolehan laba pada persaingan pasar monopolistik food truck di Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember?, dan (2) Bagaimana persaingan pasar monopolistik food truck di Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui mengenai bagimana perolehan laba pada persaingan pasar monopolistik food truck di Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember dan (2) Untuk mengetahui mengenai persaingan pasar monopolistik food truck di Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember,
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive dengan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi yang dibutuhkan dan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Dalam pasar persaingan food truck yang terdapat di Desa Kencong, Kecamatan Kencong ini laba yang diperoleh oleh para pedagang atau pemilik stand tersebut hampir memiliki kesamaan antar satu sama lain berkisar antara Rp.2.000.000 sampai Rp.3.000.000, hal itu disebabkan karena dalam kawasan tersebut para pedagang menyesuaikan dengan kondisi pasar, sehingga ketika kondisi pasar sepi maka modal yang dikeluarkan akan sedikit begitupun sebaliknya. (2) Persaingan yang ada pada pasar monopolistik tersebut terbilang cukup sulit dan ketat karena terdapat banyaknya penjual yang menjual barang yang sama dengan jenis dan harga yang ditawarkan sama antar satu sama lain sehingga para pedagang tersebut harus memiliki strateginya sendiri untuk dapat menarik perhatian konsumennya.
Kata Kunci: Laba, Pasar Monopolistik, Food Truck

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Depositing User: Mrs Luluk Maulinaa
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:01
Last Modified: 04 Nov 2022 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item View Item