SAFIRAH, SELLA (2022) Peran Guru dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Melalui Senam Irama pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2021/2022. Peran Guru dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik Kasar Melalui Senam Irama pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2021/2022. (Unpublished)
Text
Skripsi SELLA SAFIRAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
ella Safirah, 2022 “Peran Guru dalam Meningkatkan Ketrampilan Motorik
Kasar Melalui Senam Irama pada Anak Kelompok A di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2021/2022”
Kata Kunci: Peran Guru,Motorik Kasar, Senam Irama
Peran guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru memiliki kegiatan yang
digunakan khusus untuk meningkatkan ketrampilan motorik kasar anak yakni
melalui kegiatan pembelajaran menggunakan senam irama. Kegiatan tersebut
lebih memudahkan anak dalam bergerak, mudah terkoordinasi, menirukan,
mengingat, menyesuaikan, serta membentuk karakter masing-masing anak.
Fokus penelitian ini yakni 1) Bagaimana peran guru sebagai motivator
dalam meningkatkan ketrampilan motorik kasar melalui senam irama pada anak
kelompok A di TK ABA Weru Paciran Lamongan. 2) Bagaimana peran guru
sebagai fasilitator dalam meningkatkan ketrampilan motorik kasar melalui senam
irama pada anak kelompok A di TK ABA Weru Paciran Lamongan. 3) Bagaimana
peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan ketrampilan motorik kasar
melalui senam irama pada anak kelompok A di TK ABA Weru Paciran Lamongan
Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru
sebagai motivator, fasilitator, evaluator dalam meningkatkan ketrampilan motorik
kasar melalui senam irama pada anak di kelompok A di TK ABA Weru Paciran
Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun jenis
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian studi kasus.
Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu Observasi,
wawancara, dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi, yakni
triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian yaitu 1)Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan
ketrampilan motorik kasar melalui senam irama pada anak kelompok A di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan dilakukan dengan cara guru
berusaha memberikan motivasi, dukungan yang positif kepada setiap anak. 2)
Peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan ketrampilan motorik kasar
melalui senam irama pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Weru Paciran Lamongan dilakukan dengan cara guru menyediakan berbagai
fasilitas yang menunjang untuk kegiatan senam irama. 3) Peran guru sebagai
evaluator dalam meningkatkan ketrampilan motorik kasar melalui senam irama
pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Weru Paciran Lamongan
dilakukan dengan cara mengamati/observasi, mencatat dan menilai perkembangan
motorik kasar dan kualitas gerak fisik anak yakni melalui penilaian cheklist.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | SELLA SELLA SAFIRAH |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 08:50 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 08:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14478 |
Actions (login required)
View Item |