Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas4v di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Grujugan Lor Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019

HASANAH, HAMIDATUL (2019) Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas4v di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Grujugan Lor Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
HAMIDATUL HASANAH_T20154004.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Guru merupakan elemen dari kegiatan pendidikan. Guru sebagai pendidikan berfungsi sebagai motivator, inovator dan evaluator dalam lembaga atau instansi pendidikan. Guru juga perlu mengatasi kesulitan belajar yang di alami oleh siswa di MI Bustanul Ulum Grujugan Lor. Kesulitan belajar yang di alami ialah pada pembelajaran matematika salah satunya dalam hal menghitung dan menalar. Maka karena masih terdapat siswa yang mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran matematika, guru menggunakan strategi mengajar dalam mengatasi kesulitan belajar pembelajaran matematika pada siswa kelas IV MI Bustanul Ulum Grujugan Lor. Berdasarkan latar belakang maka fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum?; 2) Bagaimana Strategi mengajar yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pembelajaran matematika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum?; 2) Mengetahui Strategi mengajar yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pembelajaran matematika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penuntun subjek penelitian peneliti menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum yaitu para siswa masih malas untuk mempelajari matematika karena terlalu banyak rumus dan mengalami kesulitan dalam menghitung dan menalar seperti menghitung matematika dalam bentuk soal cerita. 2) Strategi mengajar yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar pembelajaran matematika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum yaitu guru menggunakan strategi pendekatan terhadap anak melalui interaksi secara individu. Dan guru juga menggunakan strategi atau metode yaitu jigsaw dan group to group di dalam mengajarnya sehingga siswa senang dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:46
Last Modified: 04 Nov 2022 06:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14491

Actions (login required)

View Item View Item