Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember

Islamiyah, Ingniawatun (2022) Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Ingniawatun Islamiyah_E20152006.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ingniawatun Islamiyah, Dr. Retna Anggitaningsih, S.E, M.M, 2022: "Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Pekebunan (PDP) Kahyangan Jember".
Masalah sumber daya manusia masih menjadi sorotan dan tumpuan bagi perusahaan untuk tetap bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia mempunyai peran utama dalam setiap perusahaan. Berhasil tidaknya suatu organisasi atau institusi akan ditentukan oleh manusianya atau karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan. Perkebunan rakyat dan perkebunan besar beroperasi di Kabupaten Jember sebagai pengusaha komoditas perkebunan. Karet, kopi, kakao, teh, dan tembakau hanyalah sebagian kecil dari komoditas perkebunan yang ditanam oleh perkebunan besar. Perkebunan rakyat juga membudidayakan komoditas semacam ini (PDP). Potensi keseluruhan lahan perkebunan di Kabupaten Jember adalah ha, atau persentase dari total luas wilayah Kabupaten Jember.
Fokus masalah diantaranya 1) Apakah motivasi kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember? 2) Apakah kepemimpinan transaksional berpengaruh secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember? 3) Apakah motivasi kerja dan kepemimpinan transaksional berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transaksional secara parsial terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan transaksional secara simultan terhadap kinerja karyawan pada Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah responden 50 yaitu semua karyawan PDP kahyangan. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji regresi berganda, dan uji T serta uji F.
Hasil yang diperoleh adalah : 1) uji secara parsial nilai sig. sebesar 0,002 hal ini menunjukkan bahwa motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan PDP kahyangan Jember. 2)Hasil uji secara parsial nilai sig. sebesar 0,000 hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transaksional berpengaruh sig. terhadap kinerja karyawan PDP Kahyangan Jember. 3) pengujian secara simultan, nilai sig. sebesar 0,000. Yang artinya motivasi kerja dan kepemimpinan transaksional berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan PDP Kahyangan Jember. Dan memiliki nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,767 yang artinya variabel x1 dan x2 memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 76,6 % dipengaruhi oleh motivasi kerja dan kepemimpinan transaksional. Dan sisanya yaitu, 23,3% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Motivasi kerja, kepemimpinan transaksional, dan kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Ingniawatun Islamiyah
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:57
Last Modified: 04 Nov 2022 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14492

Actions (login required)

View Item View Item