Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Fiqih MAN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022

Intan Azka, Fathiyah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran REACT Terhadap Hasil Belajar Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Fiqih MAN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INTAN AZKA WATERMARK-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Intan Azka Fathiyah. 2022: Pengaruh model pembelajaran REACT terhadap hasil belajar berpikir tingkat tinggi mata pelajaran Fiqih MAN 2 Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: model pembelajaran REACT, hasil belajar berpikir tingkat tinggi, dan mata pelajaran fiqih

Persoalan pendidikan saat ini terjadi karena adanya krisis paradigma, Berdasarkan kurikulum merdeka menuntut guru untuk menerapkan model pembelajaran modern sedangkan di MAN 2 Situbondo masih menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah sebagai metode utamanya. yang menyebabkan kurangnya pemahaman siswa yang menyebabkan nilai siswa belum mencapai KKM yaitu sebesar 75%. Untuk mengatasi kesenjangan antara harapan dan kenyataan tersebut, maka diperlukan adanya pengembangan model pembelajaran agar siswa kelas XI IPA diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar berpikir tingkat tinggi agar tidak ada nilai yang di bawah KKM. Model yang kiranya tepat adalah model pembelajaran REACT di mana pendekatan pembelajaran Fiqih dengan model pembelajaran ini berorientasi pada kehidupan sehari-hari khususnya pada materi pernikahan. Yang mana siswa dapat mengaitkan antara konsep pembelajaran dengan pengalaman masyarakat sekitarnya.
Fokus penelitiannya adalah: Apakah terdapat perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa dengan penggunaan model pembelajaran REACT mata pelajaran Fiqih MAN 2 Situbondo? Dan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa dengan penggunaan model pembelajaran REACT pada mata pelajaran Fiqih MAN 2 Situbondo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimental dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tulis berupa pretest dan postest berbentuk HOTS yang terdiri dari 10 soal Pilihan Ganda (PG), sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah uji t yang dianalisis menggunakan uji t-test dengan jenis uji dua pihak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol, yang dipilih berdasarkan Teknik Purposive Samling (sampel dipilih dengan pertimbangan tertentu) yaitu berdasarkan nilai ulangan harian, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS).
Berdasarkan hasil penelitian di ketahui bahwa nilai rata-rata postest kelas eksperimen lebih besar daripada nilai rata-rata postest kelas kontrol yaitu 92,35˃88,10, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh dan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa dengan menggunakan model pembelajaran REACT pada mata pelajaran Fiqih materi pernikahan kelas XI IPA di MAN 2 Situbondo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Intan azka Fathiyah
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:48
Last Modified: 04 Nov 2022 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14496

Actions (login required)

View Item View Item