Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Budaya Kejujuran dan Whistleblowing System Dalam Pencegahan Fraud Pada PT BPR AnugerahDharma Yuwana Jember.

Wulandari, Suci (2022) Pengaruh Persepsi Karyawan Mengenai Budaya Kejujuran dan Whistleblowing System Dalam Pencegahan Fraud Pada PT BPR AnugerahDharma Yuwana Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Watermark Suci.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suci Wulandari, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M., 2022: PengaruhPersepsi Karyawan Mengenai Budaya Kejujuran dan Whistleblowing System Dalam Pencegahan Fraud Pada PT BPR AnugerahDharma Yuwana Jember.
Kata Kunci : Budaya Kejujuran, Whistleblowing System, Pencegahan Fraud
Fraud pada umumnya dipakai untuk menjelaskan tindakan-tindakan seperti penipuan, pemaksaan, korupsi, pencurian, persekongkolan, penggelapan, penyalahgunaan, penyembunyian fakta, dan kolusi.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pengaruh persepsi karyawan mengenai budaya kejujuran dalam pencegahan fraud pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) AnugerahDharma Yuwana (ADY) Jember ? 2) Bagaimana pengaruh persepsi karyawan mengenai whistleblowing system dalam pencegahan fraud pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) AnugerahDharma Yuwana (ADY) Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) pengaruh persepsi karyawan mengenai budaya kejujuran dalam pencegahan fraud pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) AnugerahDharma Yuwana (ADY) Jember. 2) pengaruhpersepsi karyawan mengenai whistleblowing system dalam pencegahan fraud pada PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) AnugerahDharma Yuwana (ADY) Jember.
Penelitian ini untuk mengetahui:(1) Pengaruh persepsi kariawan mengenai budaya kejujuran terhadap pencegahan fraud, (2) Pengaruh persepsi karyawan mengenai Whistleblowing System terhadap pencegahan fraud.Penelitian ini merupakan jenis penelitin survey. Populasi penelitin ini adalah seluruh karyawan yang berkerja pada PT BPR AnugerahDharma Yuwana Jember. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan PT BPR AnugerahDharma Yuwana Jember yang berjumbla 62 karyawan. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji statistik destkiptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klsik, uji analisi regresi linier berganda, uji hipotesis, uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini (1) Nilai t hitung pada variabel X1 (budaya kejujuran) adalah -3,546. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,671 dengan signifikan (0,001 < 0,005). Ada pengaruh antara variabel X1 (budaya kejujuran) terhadap Y (pencegahan fraud). Jika dilihat dari koefisien regresi yang menunjukkan tanda negatif, maka pengaruh yang disebabkan oleh X1 (budaya kejujuran) adalah pengaruh negatif. Artinya semakin meningkat X1 (budaya kejujuran), maka akan menurunkan tingkat pencegahan fraud. (2) Nilai t hitung pada variabel X2 (whistleblowing system) adalah -3,112. Sedangkan nilai t tabel sebesar 1,671 dengan signifikan (0,003 < 0,005). Ada pengaruh antara variabel X2 (whistleblowing system) terhadap Y (pencegahan fraud).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Depositing User: Suci Wulandari
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:59
Last Modified: 08 Nov 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14502

Actions (login required)

View Item View Item