Kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam kepada Mahasiswa IAIN Jember.

FATMAWATI, VIKA (2019) Kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam kepada Mahasiswa IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
VIKA FATMAWATI_T20151389.pdf - Submitted Version

Download (44MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan Islam adalah suatu keyakinan yang ada pada diri manusia dengan cara menjalankan apa yang diperintahkan Allah dan menjahui larangan-Nya baik dari segi akidah, syariah dan ibadah. Institute of Culture and Islamic Studiesadalah salah satu organisasi yang berada di IAIN Jember bertemapat di Unit Pengembangan Bahasa (UPB). Fokus masalah yang diteliti di skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies dalam menanamkan nilai-nilai aqidah kepada mahasiswa IAIN Jember ? 2) Bagaimana kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada mahasiswa IAIN Jember ? 3) Bagaimana kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies dalam menanamkan nilai-nilai ibadah kepada mahasiswa IAIN Jember ? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk menjelaskan kontibusi di Institute of Culture and Islamic Studies dalam nilai-nilai aqidah kepada mahasiswa di IAIN Jember. 2) Untuk menjelaskan kontibusi di Institute of Culture and Islamic Studies dalam nilai-nilai akhlak kepada mahasiswa di IAIN Jember. 3) Untuk menjelaskan kontibusi di Institute of Culture and Islamic Studies dalam nilai-nilai ibadah kepada mahasiswa di IAIN Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies (ICIS) dalam menanamkan nilai-nilai akidah kepada mahasiwa di IAIN Jember dengan mengadakan kegiatan khotmil Qur’an, membaca tahlil dan sholawat, memperbanyak kosa kata dari kegiatan, menulis dan mempelajari khot bahasa arab, mempelajari naghom dan fashohah (tajwid) dari pembacaan al-Quran, mempelajari tentang isi al-Quran 2) Kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies (ICIS) dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada mahasiwa di IAIN Jember diantaranya dengan menjaga jarak antara laki-laki dan perempuan, menjaga akhlak dan tingkah laku baik terhadap dosen, senior, pengurus dan anggota. 3) Kontribusi Institute of Culture and Islamic Studies (ICIS) dalam menanamkan nilai-nilai ibadah kepada mahasiwa di IAIN Jember dengan mengutamakan sholat berjama’ah dan diterapkan dengan cara yang berbeda dalam setiap devisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:50
Last Modified: 04 Nov 2022 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14505

Actions (login required)

View Item View Item