Penerapan Sifat Sabar dan Jujur dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2 Mangli Jember.

NIA, MUTASA (2019) Penerapan Sifat Sabar dan Jujur dalam Membentuk Jiwa Entrepreneur Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2 Mangli Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUTASANIA_T20151214.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Sifat sabar dan jujur merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani hidup, bahkan Nabi Muhammad SAW memiliki kedua sifat tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan beliau. Oleh karena itu kita sebagai umat beliau juga perlu meniru perilaku atau sifat terpuji beliau dalam kehidupan seharihari. Faktanya sifat sabar dan jujur pada zaman ini sangatlah jarang ditemui. Mengingat kita telah memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) yang telah memberikan peluang untuk entrepreneur masuk di dalamnya, adanya kedua sifat tersebut sangatlah di perlukan karena merupakan pilar dalam dunia entrepreneur dan untuk membentuk jiwa para entrepreneur yang sesuai dengan kaidah-kaidah islam. Perlu diingatkan bahwa para entrepreneur tidak selalu orang-orang yang berkecimpung dalam perusahaan-perusahaan atau usaha-usaha kecil jadi, tidak menurtup kemungkinan jika suatu lembaga pondok pesantren juga berkontribusi dalam dunia entrepreneur. Karena Pondok Pesantren tak hanya sebagai Pendidikan dan keagamaan namun juga terampil dalam dunia entrepreneur guna menghadapi zaman. Tujuan dalam penelitian ini yaitu pertama, mendeskripsikan penerapan sifat sabar dan jujur dalam membentuk jiwa entrepreneur santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2. Kedua, mendeskripsikan kontribusi penerapan sifat sabar dan jujur dalam membentuk jiwa entrepreneur santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Entrepreneur Nurul Islam 2. Metode penelitian dalam penelitan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpuan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah pertama, Penerapan sifat sabar dan jujur dalam membentuk jiwa entrepreneur santri di (PPME Nuris 2) sebagai berikut: sabar dalam beramal sholeh, sabar dalam menghadapi berbagai karakter dan sabar dalam menghadapi ujian kehidupan. Sedangkan dalam penerapan nilai jujur sebagai berikut: jujur dalam perkataan pada setiap situasi, kejujuran dalam niat dan kejujuran dalam memenuhi tekad, Kedua, Kontribusi penerapan sifat sabar dan jujur dalam membentuk jiwa entrepreneur santri di (PPME Nuris 2) sebagai berikut: dapat membantu proses santri dalam dunia entrepreneur terutama dalam hal kerja keras, kreatifitas, percaya diri dalam berwirausaha, dapat memberikan perubahan dengan melihat permintaan dan minat terhadap barang atau jasa, komunikasi yang baik dan analisis produk untuk mengetahui produk yang di jual memadai atau tidak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Nov 2022 06:54
Last Modified: 04 Nov 2022 06:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14507

Actions (login required)

View Item View Item