Analisis Kesesuaian Materi pada Buku Siswa Matematika Wajib Kelas X Edisi Revisi 2017 Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kriteria Bell

Malikah, Wardatul (2019) Analisis Kesesuaian Materi pada Buku Siswa Matematika Wajib Kelas X Edisi Revisi 2017 Kurikulum 2013 Ditinjau dari Kriteria Bell. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Wardatul Malikah_T20157030.pdf - Submitted Version

Download (23MB)

Abstract

Pada Kurikulum 2013 sudah disediakannya buku teks oleh pemerintah sebagai sumber belajar di sekolah. Di Indonesia sumber belajar yang banyak digunakan dan masih memegang peran penting dalam proses pembelajaran adalah buku teks. Oleh karena itu, buku teks harus memiliki kualitas yang baik sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran. Adapun salah satu kriteria yang dapat digunakan dalam mengevaluasi buku teks matematika menurut Bell yaitu Mathematical Content (Materi Matematika) di mana materi matematika yang terdapat dalam buku matematika tidak hanya benar dan tepat, tetapi harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan kondisi peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran tersebut. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian materi buku siswa matematika wajib kelas X edisi revisi 2017 kurikulum 2013 ditinjau dari kriteria Bell berdasarkan kriteria yang berhubungan dengan mathematical content (materi matematika)? Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesesuaian materi buku siswa matematika wajib kelas X edisi revisi 2017 kurikulum 2013 ditinjau dari kriteria Bell berdasarkan kriteria yang berhubungan dengan mathematical content (materi matematika). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah studi pustaka. Teknik pengumpul data menggunakan angket dan dokumentasi sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi penyidik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada bab persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel hasil perhitungan persentase sebesar yang menunjukkan kategori cukup baik. Sedangkan pada bab sistem persamaan linear tiga variabel sebesar yang menunjukkan kategori cukup baik. Pada bab fungsi kesesuaian materi dengan kriteria Bell sebasar yang menunjukkan ketegori baik. Sedangkan pada bab trigonometri kesesuaian materi dengan kriteria Bell sebasar yang menunjukkan ketegori sangat baik. Adapun ketidaksesuaian materi yang ditinjau dari kriteria Bell yaitu tidak digunakannya notasi lain pada konsep, prinsip matematika dan contoh soal, terdapat jawaban salah dan terdapat kesalahan cetak, struktur dasar dari sistem matematika yang mendasari matematika tidak jelas terdapat simbol pada konsep dan prinsip tidak diberikan pengertian secara jelas, tidak disajikan cerita tentang matematikawan, tidak ditemukan pembuktian dan tidak ada materi prasyarat dan terdapat istilah matematika tidak didefinisikan. serta tidak ditemukan teorema, sehingga tidak ada pembedaan yang jelas antara definisi, teorema dan unsur-unsur yang tidak terdefinisi Kata Kunci: Kesesuaian Materi, Buku Siswa Matematika,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:11
Last Modified: 04 Nov 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14508

Actions (login required)

View Item View Item