Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso.

Badrianzah, Nurul (2019) Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nurul Badrianzah_T20151023.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Indonesia yang mempunyai akar tradisi kuat dilingkungan masyarakat. Dalam zaman saat ini atau kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, relevansi sistem pendidikan pesantren di masa sekarang menjadi salah satu faktor untuk tetap dipertahankan. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang masih eksis keberadaannya sampai sekarang, pondok pesantren masih memiliki daya tarik bagi masyarakat modern saat ini, para orang tua sekarang sangat menaruh harapan besar terhadap dunia pesantren untuk bisa mendidik, membimbing dan mengajarkan ilmu akhlaq dan segala jenis ilmu agama dan umum. Salah satu pesantren yang menggabungkan dua sistem pendidikan agama dan formal yaitu pondok pesantren Nurul Ma’rifah yang berada di Bondowoso dengan penyelenggaraan sistem kepesantrenan berpadu dengan dengan sistem umum atau keformalan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Input pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso?; 2) Bagaimana proses pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso?; 3) Bagaimana Output pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1)menjelaskan tentang Input pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso, 2) menjelaskan tentang proses pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso,3) menjelaskan tentang Output pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and Huberman yakni,pengumpulan data, Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah tentang 1) Input pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso adalah mereka para lulusan dari sekolah dasar dan menengah, santri yang berasal dari sekitar bondowoso dan luar kota ,2) proses pendidikan yang ada di pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso memadukan antara sistem pendidikan formal yang diintegrasikan dengan sistem pondok, 3) output dari hasil pendidikan pondok pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso adalah mereka yang sudah lulus dari sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:25
Last Modified: 04 Nov 2022 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14511

Actions (login required)

View Item View Item