Tradisi Belajar Kelompok dalam Penanaman Karakter Santri di Pondok Pesantren Modern Putri Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi.

Mahmudah, Siti Latifatul (2017) Tradisi Belajar Kelompok dalam Penanaman Karakter Santri di Pondok Pesantren Modern Putri Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Latifatul Mahmudah_084 131 187.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Tradisi merupakan sebuah kebiasaan yang telah ada sejak bertahun-tahun dan dilakukan secara terus menerus. Tradisi yang baik akan menghasilkan karakter/perilaku yang baik. Misalnya, tradisi belajar kelompok ini yang akan membantu para siswa dalam memebentuk karakter/perilaku menjadi lebih baik Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter disiplin santri di pondok pesantren modern putri Al Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi?, 2) Bagaimana tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter kerja keras santri di pondok pesantren modern putri Al Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi?, 3)Bagaimana tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter demokratis santri di pondok pesantren modern putri Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter disiplin santri di pondok pesantren modern putri Al Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter kerja keras santri di pondok pesantren modern putri Al Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi. 3) Untuk mengetahui tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter demokratis santri di pondok pesantren modern putri Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter disiplin santri di pondok pesantren modern putri Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi, terlihat dengan adanya yang pertama peraturan, kedua paksaan dan ketiga hukuman. 2). Tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter kerja keras santri di pondok pesantren modern putri Al- Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi, terlihat dengan adanya usaha yang dilakuka secara terus menerus. 3). Tradisi belajar kelompok dalam penanaman karakter demokratis santri di pondok pesantren modern putri Al-Kautsar Sumbersari Srono Banyuwangi, terlihat dengan adanya sikap toleransi, menghargai pendapat orang lain dan akan terciptanya suasana yang kemanusiaan dan kebersamaan dalam suatu belajar kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 04 Nov 2022 07:31
Last Modified: 04 Nov 2022 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14512

Actions (login required)

View Item View Item