Program Rumah Qur’andalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

INDAH YANI, DEWI SEPTIYO (2019) Program Rumah Qur’andalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DEWI SEPTIYO INDAH YANI_084 143 055.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember merupakan salah satu Madrasah Aliyah yang menerapkan program Rumah Qur’an. Asrama Rumah Qur’an merupakan asrama khusus peserta didik yang memiliki minat dan bakat dalam menghafal al- Qur’an milik MAN 2 Jember dengan pengelolaan yang mandiri. Pengelolaan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi peserta didik dan inovasi asrama dalam mewujudkan tujuan asrama tersebut yakni hafal Al-Quran 10 juz selama 3 tahun dan menanamkan nilai Al-Qur’an dalam perilaku mereka sehari-hari secara optimal melalui strategi dan kebijakan tertentu. Adapun fokus penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Perencanaan Program Rumah Qur’an di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?; (2) Bagaimana pelaksanaan Program Rumah Qur’an di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?; (3) Bagaimana evaluasi Program Rumah Qur’an di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?; Sedangkan tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan tentang perencanaan Program Rumah Qur’an di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019; (2) Mendeskripsikan tentang pelaksanaan Program Rumah Qur’an di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019; (3) Mendeskripsikan tentang evaluasi Program Rumah Qur’an di MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan pengelolaan program rumah Qur’an dilakukan dengan sistematis yaitu terlebih dahulu melihat kebutuhan lingkungan sekitar. Ada tiga jenis Perencanaan Pengelolaan Program Rumah Qur’ana) perencanaan inovasi, b) perencanaaan alokatif, dan c) perencanaan strategi; (2) Pengelolaan Rumah Qur’an dilakukan dengan cara pembinaan secara penuh, dalam pelaksanaan kegiatannya melibatkan ustadz dan ustadzah sebagai wali asrama. Melakukan pengawasan dan bimbingan secara intensif; (3) Evaluasi dilakukan setiap bulan oleh pengurus dan ustadzah, evaluasi ini mengenai perkembangan hafalan siswa, kegiatan-kegiatan yang sudah terlaksan dan maasalah kepribadian siswa. Kemudian dua minggu sekali oleh para ustadzah, kinerja yang telah dilaksanakan di Rumah Qur’an. Dalam evaluasi program di Rumah Qur’an, menggunakan 3 model yaitu evaluasi Context, evaluasi Input, dan evaluasi proses.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:14
Last Modified: 07 Nov 2022 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14534

Actions (login required)

View Item View Item