Manajemen Layanan Khusus dalam Pembentukan Karakter Religius (Studi Kasus di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali Jember) Tahun Pelajaran 2018/2019

CAHYANI, DWI (2019) Manajemen Layanan Khusus dalam Pembentukan Karakter Religius (Studi Kasus di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali Jember) Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DWI CAHYANI_084 143 135.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Asrama merupakan tempat peserta didik dan guru menginap dan tinggal dalam kurun waktu tertentu. Asrama di SMPIT Al-Ghozali disebut dengan Rumah Qur’an Al-Ghozali, yang memiliki program reguler, dan takhosus. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan layanan khusus dalam pembentukan karakter religius Studi Kasus di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan layanan khusus dalam pembentukan karakter religius Studi Kasus Rumah Qur’an Al-Ghozali di SMPIT Al-Ghozali Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dalam skripsi ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian bahwa: 1) Perencanaan layanan khusus dalam pembentukan karakter religius di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali adalah dengan membentuk struktur organisasi Rumah Qur’an atau wali asrama, Rumah Qur’an SMPIT Al- Ghozali diketuai oleh ustad Lukman. Setelah itu menyiapkan aspek fisik berupa lokasi yang akan dijadikan Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali. Dan merencanakan penyusunan program dan kegiatan dalam membentuk karakter religius. Program dan kegiatan Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali dilakukan bersamaan dengan rapat kerja sekolah. Program Rumah Qur’an ada dua yaitu reguler dan takhosus. Sedangkan kegiatannya seperti hafalan, belajar, muhadoroh, tilawah, majelis dhuha. 2) Pengorganisasian layanan khusus dalam pembentukan karakter religius di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali adalah dengan membagi tugas kepada wali asrama sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Dalam menjalankan program dan kegiatan, wali asrama dibantu oleh OPRQ (Organisasi Pelajar Rumah Qur’an). 3) Penggerakan layanan khusus dalam pembentukan karakter religius di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali adalah dengan mengikuti program dan kegiatan yang ada. Kegiatannya seperti tilawah, belajar, muhadoroh, majelis takon, majelis dhuha, dan lain sebagainya. Dalam pelaksanaan ini dibutuhkan pengaturan yang berupa tata tertib, dengan tata tertib peserta didik harus mematuhi peraturan di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali. Contohnya peserta didik harus mengucapkan salam kepada tamu, guru, dan masyarakat sekitar sekolah jika keluar sekolah dan asrama. 4) Pengawasan layanan khusus dalam pembentukan karakter religius di Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali adalah dengan memantau dan membantu mengarahkan program dan kegiatan Rumah Qur’an SMPIT Al-Ghozali. Untuk evaluasi program dilakukan satu bulan sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:15
Last Modified: 07 Nov 2022 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14535

Actions (login required)

View Item View Item