Peranan Konselor dalam Menangani Rendahnya Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Purnamasari, Anita (2019) Peranan Konselor dalam Menangani Rendahnya Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Anita Purnamasari_084 143 036.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Peranan seorang konselor dalam bimbingan dan konseling sangatlah penting baik dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar maupun sebagai tenaga pembina sekaligus membantu dalam menangani berbagai masalah yang dialami siswa. Dengan adanya konselor dalam lembaga sekolah, maka meningkatkan teratasinya suatu masalah termasuk rendahnya prestasi belajar siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran konselor sebagai penasehat dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019?; 2) Bagaimana peran konselor sebagai motivator dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019?; 3) Bagaimana peran konselor sebagai konsultan dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitain untuk: 1) Mendeskripsikan peran konselor sebagai penasehat dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019.; 2) Mendeskripsikan peran konselor sebagai motivator dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019.; 3) Mendeskripsikan peran konselor sebagai konsultan dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field study), dan subjek penelitian menggunakan purposiv serta metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran konselor sebagai penasehat dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa meliputi, a) Guru BK dalam memberikan nasehat dalam masalah sosial yaitu dengan memberikan poin, b) Guru BK dalam meberikan nasehat dalam masalah belajar yaitu melalui bimbingan kelompok dan bimbingan individu. 2) Peran konselor sebagai motivator dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa meliputi, a) Guru BK dalam memberikan motivasi siswa yang kurang minat belajar yaitu dengan memberi motivasi melalui bimbingan karier seperti kegiatan pelatihan, b) Guru BK dalam memberikan motivasi kepada siswa harus bisa mengetahui masalah yang dihadapi oleh siswa. 3) Peran konselor sebagai konsultan dalam menangani rendahnya prestasi belajar siswa meliputi, a) Guru BK dalam memberikan layanan konsultasi masalah pribadi dengan menceritakan masalah pribadi yang ada pada siswa, b) Gru BK dalam memberikan konsultasi masalah karier yaitu dengan memberikan layanan konsultasi kepada siswa bagi mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:15
Last Modified: 07 Nov 2022 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14536

Actions (login required)

View Item View Item