Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MA As-Shofa Jember

ZAM, ZAM (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MA As-Shofa Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ZAM ZAM_T20151013.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang memiliki banyak konsep bacaan yang dimana membutuhkan model dan strategi yang tepat untuk memahami isi didalamnya. Model adalah taktik yang digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar. Salah satu model yang bisa membantu siswa dalam memahami konsep sejarah kebudayaan islam adalah model pembelajaran Treffinger. Dimana model ini bisa membantu siswa untuk berfikir secara luas agar menghasilkan suatu solusi memecahkan masalah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan model konvensional? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan model konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode quasi eksperimen, peneliti menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, desain penelitian ini menggunakan non-equivalent control design. Populasi penelitian ini adalah siswa MA As – Shofa. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA As – Shofa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tipe pilihan ganda). Hasil penelitian dengan signifikansi yang digunakan adalah 0.05 dengan pengujian paired-simple t-test dengan menggunnakan SPSS 22.0 maka dapat ditemukan sig.(2-tailed) 0.000 di kelas kontrol dan sig.(2-tailed) 0.000 di kelas eksperimen. Dengan kriteria pengujian adalah jika nilai signifikansi > 0.05 maka Ha ditolak dan Ho diterima, dan jika nilai signifikansi < 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil analisis data dengan menggunakan statistik paired simple t-test diperolah data bahwa ada pengaruh antara variabel X (model pembelajaran Treffinger) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:15
Last Modified: 07 Nov 2022 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14538

Actions (login required)

View Item View Item