Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap Kepribadian Santri di Pondok Pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo.

SA’DIYAH, LUMATUS (2016) Pengaruh Keharmonisan Keluarga terhadap Kepribadian Santri di Pondok Pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
LUMATUS SA’DIYAH_084 121 056.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Suasana keluarga sangat penting bagi perkembangan kepribadian anak. Keluarga dipandang sebagai penentu utama pembentukan kepribadian anak. Alasannya adalah (1) keluarga merupakan kelompok sosial pertama yang menjadi pusat identifikasi anak, (2) anak banyak menghabiskan waktunya di lingkungan keluarga, dan (3) para anggota keluarga merupakan “significant people” bagi pembentukan kepribadian anak. Dari uraian diatas maka jelaslah yang menjadi pokok masalah dalam skripsi ini adalah “adakah pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kepribadian santri di Pondok Pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo”. Adapun sub pokok masalah dari skripsi ini yaitu (1) adakah pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kepribadian santri pada aspek sosiologis (2) adakah pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kepribadian santri pada aspek psikologis. Tujuan umum yang ingin dicapai dari skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kepribadian santri di Pondok Pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo. Sedangkan tujuan khusus dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kepribadian santri pada aspek sosiologis (2) untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap kepribadian santri pada aspek psikologis. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert dengan uji validitas menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach Analisis data peneliti menggunakan analisis korelasi dengan rumus statistik Chi Kuadrat: X2 = Fh (Fo - Fh)2  Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa X2 hitung lebih besar dari nilai X2 tabel (6,4 > 3,84 dengan db = 1 pada taraf signifikan 5%) dan C yang diperoleh 0,525 Cmaks yang berada dalam kategori 0,4 Cmaks < C < 0,6 Cmaks “ada pengaruh yang sedang keharmonisan keluarga terhadap kepribadian santri di Pondok Pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo”. Dan kesimpulan khususnya yaitu: 1) X2 hitung > X2 tabel (10,416 > 3,84 dengan db = 1

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:15
Last Modified: 07 Nov 2022 06:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item