Pembelajaran Kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar-Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember.

Hikmah, Nuzulul (2019) Pembelajaran Kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar-Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nuzulul Hikmah_T20151232.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran Kitab Khoridatul Bahiyyah merupakan salah satu penyelenggaraan program kajian ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber pada kitab-kitab berbahasa Arab. Program kajian ini bertujuan mendidik dan menanamkan nulai-nilai agama kepada para santri. Dengan adanya pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah di selenggarakan disetiap minggunya maka Pondok Pesantren akan mampu menerapkan pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah dengan tujuan agar santri dapat dengan mudah menegetahui dan menghafal sifatsifat Allah dan Rosul, sebab Kitab Khoridatul Bahiyyah ini berupa nadomannadhoman tentang sifat-sifat Allah dan Rosul. Fokus penelitian yang diteliti diskripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar- Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar- Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar-Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan ovservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi : kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) perencanaan pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar-Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember ini di lakukan dengan menempuh jalan musyawaroh. Adapun hasil musyawaroh tersebut ditetapkannya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan media pembelajaran untuk satu tahun kedepan, yang mengacu pada tujuan dan visi misi pesantren, namun dalam perumusan perencanaan pembelajaran ini tidak dibentuknya silabus dan Rpp dari hasil musyawaroh sebagaimana acuan dalam pelaksanaan pembelajaran dan bukti secara tertulis: 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar-Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember terlihat pada ustadz yang mengajar sangat kreatif dalam menerapkan 3 metode, yaitu metode sorogan, bandongan/wetonan dan metode hafalan. Sehingga pelajaran tidak membosankan. 3) evaluasi pembelajaran kitab Khoridatul Bahiyyah di Pondok Pesantren Ar-Risalah Curah Kates Klompangan Ajung Jember adalah evaluasi formatif, di mana evaluasi formatif merupakan evaluasi yang dilakukan setiap akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:10
Last Modified: 08 Nov 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14551

Actions (login required)

View Item View Item