Penanaman Nilai Karakter Siswa Melalui Budaya Religius di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussholah Jember.

Maulana, M. Irfan (2019) Penanaman Nilai Karakter Siswa Melalui Budaya Religius di Sekolah Menengah Pertama Plus Darussholah Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M. Irfan Maulana_084 131 434.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penanaman Nilai Karakter Siswa Melalui Budaya Religius di Sekolah Menengah PertPendidikan karakter adalah sebuah usaha untuk mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Pendidikan karakter merupakan salah satu benteng yang dianggap solusi terbaik untuk menumbuhkan dan memperbaiki moral dan karakter bangsa yang pada saat ini terbawa oleh arus globalisasi yang sangat cepat, di dalam agama Islam pendidikan karakter sudah diterapkan sejak usia dini, salah satunya yaitu sholat dhuha dan menghormati guru. Penanaman nilai karakter siswa melalui budaya religius sholat dhuha dan menghormati guru merupakan awal dalam menerapkan pendidikan karakter untuk mengatasi degradasi moral dan karakter secara pola pikir dan perilaku siswa. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penanaman nilai karakter siswa melalui budaya religius sholat dhuha di SMP Plus Darussholah Jember? 2) Bagaimana penanaman nilai karakter siswa melalui budaya religius menghormati guru di SMP Plus Darussholah Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan penanaman nilai karakter siswa melalui budaya religius sholat dhuha di SMP Plus Darussholah Jember. 2) mendeskripsikan penanaman nilai karakter siswa melalui budaya religius menghormati guru di SMP Plus Darussholah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang dilakukan, yaitu: 1) penanaman nilai karakter siswa melalui budaya religius sholat dhuha di SMP Plus Darussholah Jember sholat dhuha dilaksanakan setiap hari dengan berbagai macam kebijakan dan waktu yang digunakan dalam sholat dhuha yaitu dari pukul 07.00 sampai selesai dengan mengerjakan sholat dhuha sebanyak empat rokaat. Sebelum sholat dhuha dilaksanakan peserta didik ini membaca Al-Qur’an secara bersama-sama sedangkan nilai yang terkandung dalam sholat dhuha ini adalah memudahkan rezeki, semangat, kebersamaan, disiplin, bertanggung jawab, religius, nilai-nilai aswaja dan nilai akhlak. 2) Penanaman nilai karakter siswa melalui budaya religius menghormati guru di SMP Plus Darussholah Jember ini guru memberikan tauladan atau contoh bagaimana cara berbicara dengan orang lain secara sopan, jika peserta didik bersikap baik dan sopan akan mendapat hadiah berupa pujian, dan jika mereka berperilaku buruk maka mereka akan mendapat hukuman. Dalam sikap menghormati guru ini terkandung nilai-nilai yaitu selalu memuliakan guru, menunjukkan sikap sopan dan santun, tekun dan selalu bersungguh-sungguh dalam belajar serta bertanggung jawab dan selalu merendahkan hati (tawadhu’).ama Plus Darussholah Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:10
Last Modified: 08 Nov 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14552

Actions (login required)

View Item View Item