Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil Dan Non Performing Financing Terhadap Volume Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2014-2018 Studi Kasus Bank BRI Syariah.

YUSNITA DEVI, SANDRA (2020) Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Bagi Hasil Dan Non Performing Financing Terhadap Volume Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2014-2018 Studi Kasus Bank BRI Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SANDRA YUSNITA DEVI_E20161067.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Bank syariah merupakan bank yang kegiatannya mengacu pada hukum Islam, dan dalam bentuk kegiatannya tidak membebankan bunga maupun tidak membayar bunga kepada nasabah. Imbalan yang diterima oleh bank syariah maupun yang dibayarkan kepada nasabah tergantung dari akad dan perjanjian antara nasabah dan bank. Perjanjian (akad) yang terdapat di perbankan syariah harus tunduk pada syarat dan rukun akad sebagaimana diatur dalam syariah Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah dana pihak ketiga ketiga berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi hasil pada bank bri syariah? 2) Apakah tingkat bagi hasil ketiga berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi hasil pada bank bri syariah? 3) Apakah non performing financing berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi hasil pada bank bri syariah? 4) Apakah berpengaruh terhadap volume pembiayaan bagi hasil pada bank bri syariah secara simultan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dana pihak ketiga (DPK), tingkat bagi hasil (TBH) dan non performing financing (NPF) terhadap volume pembiayaan berbasis bagi hasil pada perbankan syariah di Indonesia studi kasus Bank Rakyat Indonesia Syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 perusahaan dengan tahun penelitian 2014-2018. Dengan sumber data yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan neraca, laporan laba rugi, dan rasio keuangan bank rakyat Indonesia syariah. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari aspek volume, variable DPK, tingkat bagi hasil dan NPF berpengaruh signifikan terhadap volume pembiayaan berbasis bagi hasil periode berikutnya. Berdasarkan uji t dan f dapat dilihat bahwa dana pihak ketiga, tingkat bagi hasil, dan non performing financing berpengaruh signifikan secara simultan. Dan variabel yang paling dominan mempengaruhi volume pembiayaan berbasis bagi hasil yaitu non performing financing. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan uji t ditunjukkan dengan nilai t hitung dan tabel, dana pihak ketiga sebesar -0,139<1,74588, tingkat bagi hasil sebesar -0,132<1,74588, dan non performing financing sebesar 2,108<1,74588.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:10
Last Modified: 08 Nov 2022 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item