PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA POP UP BOOK BERBANTUAN QR CODE PADA SUB MATERI PENCEMARAN AIR KELAS VII SMP/MTS

Nur Azizah, Wafi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA POP UP BOOK BERBANTUAN QR CODE PADA SUB MATERI PENCEMARAN AIR KELAS VII SMP/MTS. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Wafi Nur Azizah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan komponen pembelajaran secara maksimal akan sangat membantu
guru dalam mencapai tujuan pembelajaran saat melaksanakan kegiatan
pembelajaran, salah satu komponen pembelajaran yang berperan penting untuk
membantu penyampaian materi pelajaran kepada siswa adalah media
pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan
kebutuhan siswa, akan menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan
bagi siswa. Namun berdasarkan hasil observasi pada kelas VII di MTs Wahid
Hasyim Jember, penggunaan media pembelajaran kurang maksimal khususnya
pada penyampaian materi yang bersifat konseptual seperti materi pencemaran air
sehingga suasana belajar cenderung pasif dan siswa yang mudah merasa bosan
selama belajar. Dengan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini
mengahsilkan media pembelajaran berupa Pop Up Book Berbantuan Qr Code
dapat menjadi upaya dalam menciptakan suasana belajar yang aktif serta dapat
meningkatkan antusias belajar siswa pada kelas VII di MTs Wahid Hasyim
Jember.
Mengacu pada permasalahan di atas, ditetapkan rumusan masalah sebagai
berikut: (1) Bagaimana validitas media pembelajaran IPA yang dikembangkan?,
(2) Bagaimana respons siswa terhadap media pembelajaran IPA yang telah
dikembangkan?. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, tujuan penelitian ini
adalah sebagai berikut: (1) Dapat mendeskripsikan validitas media pembelajaran
IPA yang dikembangkan, (2) Dapat mendeskripsikan respons siswa terhadap
media pembelajaran IPA yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang
digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan penggunaan model pengembangan Dick and Carre yang
dilaksanakan sampai pada langkah evaluasi formatif. Produk yang telah selesai
dikembangkan kemudian akan divalidasi oleh validator ahli materi, ahli media,
dan ahli praktisi, hasil revisi produk yang telah divalidasi kemudian melalui
tahapan uji coba lapangan untuk mengetahui respons siswa terhadap produk hasil
penelitian dan pengembangan. Subjek uji coba skala kecil dilakukan terhadap 10
orang siswa kelas VII B serta uji coba skala besar terhadap 30 orang siswa kelas
VII B MTs Wahid Hasyim Jember.
Hasil penelitian dan pengembangan ini dinyatakan dalam nilai presentase
sebagai berikut: (1) Penilaian dari validator ahli materi sebesar 87%, penilaian
dari validator ahli media sebesar 91%, penilaian dari validator ahli praktisi sebesar
97%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa, nilai
validitas media pembelajaran hasil penelitian dan pengembangan dinyatakan
sangat valid. (2) Penilaian dari uji respons peserta didik skala kecil sebesar 90%,
penilaian dari uji respons peserta didik skala besar sebesar 94%. Berdasarkan hasil
uji respons peserta didik tersebut dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran
berupa Pop Up Book Berbantuan Qr Code dinyatakan sangat menarik untuk
digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada materi pencemaran air.
Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran IPA, Pop Up Book, Qr Code,
Pencemaran Air.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: WAFI NUR AZIZAH
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:30
Last Modified: 08 Nov 2022 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item View Item