Kontribusi Tareqat Naqsabandiyah Dalam Menguatkan Penghayatan Agama Islam Jamaah Yayasan Ghausil Amin I Kaliwates Jember.

ANGGRAENI, RANI FEBRI (2019) Kontribusi Tareqat Naqsabandiyah Dalam Menguatkan Penghayatan Agama Islam Jamaah Yayasan Ghausil Amin I Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
RANI FEBRI ANGGRAENI_084 121 258.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Pada dasarnya, setiap agama dalam bentuk apapun dia muncul tetap merupakan kebutuhan rill umat manusia. Oleh sebab itu, peranan agama sangat menentukan dalam setiap kehidupan, dan tanpa agama manusia tidak akan hidup seutuhnya sebagai manusia yang sempurna. Hal ini berkaitan secara mendasar dalam hakikat kehidupan manusia, bahwa ada sesuatu yang sangat alami pada diri manusia yang sering disebut sebagai naluri atau fitrah untuk beragama Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1), bagaimana kontribusi Tarekat Naqsabandiyah dalam menguatkan penghayatan agama Islam pada aspek akidah jamaah Yayasan Ghausil Amin I kaliwates Jember?. 2), bagaimana Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah dalam menguatkan penghayatan agama Islam pada aspek ibadah Jamaah Yayasan Ghausil Amin I di Kaliwates Jember?. 3), bagaimana Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah dalam menguatkan penghayatan agama Islam pada aspek akhlak Jamaah Yayasan Ghausil Amin I di Kaliwates Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di Yayasan Ghausil Amin I Kaliwates Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan tehnik analisis interaktif model Miles Huberman dan Saldana yang meliputi: data Condentation, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1), kontribusi Tarekat Naqsabandiyah dalam menguatkan penghayatan agama Islam pada aspek akidah jamaah Yayasan Ghausil Amin I kaliwates Jember adalah adanya sinergisitas antara keistiqomahan dzikir yang dipraktekkan oleh jamaah tarekat Naqsabandiyah. Artinya semakin istiqomah dan mantap kualitas dzikir semakin meningkat pula keimanan jamaah tarekat Naqsabandiyah di yayasan Ghausil Amin I di Kaliwates Jember. 2), kontribusi Tarekat Naqsabandiyah dalam menguatkan penghayatan agama Islam pada aspek ibadah Jamaah Yayasan Ghausil Amin I di Kaliwates Jember adalah dengan adanya peningkatan kualitas ibadah (syari’at). Dengan ajaranya yang berupa Baz Gasht dan Nigah Dasyt dapat meningatkan kekhusy’an jamaah yayasan Ghausil Amin I di Kaliwates Jember, dalam hal sholat dan ibadah lainnya terutama memotivasi jamaahnya untuk senantiasa bertaubat dalam setiap aktivitas keseharianya yang berkaitan dengan haqqul adami. 3), Kontribusi Tarekat Naqsabandiyah dalam menguatkan penghayatan agama Islam pada aspek akhlak Jamaah Yayasan Ghausil Amin I di Kaliwates Jember yaitu melalui dzikir mudawam dan ajarannya berupa Nazhar bar Qadam yang dapat mengendalikan hawa nafsu hayaniyyah dapat mendorong jamaah untuk senantiasa berbakti kepada orang tua, guru dan berbuat baik terhadap tetangga (sesamanya).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:09
Last Modified: 08 Nov 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item