Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Media Kertas Pada Kelompok B di Raudlatul Atfhal Al-Azhar Tisnogambar Bangsalsari Tahun Ajaran 2018/2019.

SIDDIQOH, QURROTA AINIS (2019) Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Media Kertas Pada Kelompok B di Raudlatul Atfhal Al-Azhar Tisnogambar Bangsalsari Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
QURROTA AINIS SIDDIQOH_T201511027.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan berbagai media pada kelompok B Di Raudlatul Athfal Al- Azhar Jatisari Tisnogambar Bangsalsari Jember. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan motorik halus anak, yang masih memerlukan banyak stimulasi agar keterampilan anak dapat meningkat sesuai dengan laju perkembangan usia anak seharusnya. Rumusan Masalah ini adalah 1) Bagaimana Meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan media kertas origami pada kelompok B Di Raudlatul Athfal Al-Azhar; 2) Bagaimana Penerapan Pelaksanaan Kegiatan menganyam dengan media kertas manila dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini kelompok B Di Raudlatul Athfal Al- Azhar. Tujuan penelitian ini untuk 1) Untuk Mendeskripsikan Peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menganyam dengan media kertas origami Di Raudlatul Athfal Al –Azhar; 2) Untuk Mendeskripsikan Penerapan pelaksanaan kegiatan menganyam dengan media kertas manila dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini Kelompok B Di Raudlatul Athfal Al- Azhar . Metode penelitian Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model penelitian dari kemmis dan taggart.Subjek penelitian ini berjumlah 22 anak, diantaranya 11 anak laki- laki dan 11 anak perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam dengan berbagai media. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Sedangkan instrument penelitian yaitu pedoman observasi berupa check list dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila anak yang berkategori berkembang sangat baik (BSB)sebanyak >_76%. Hasil penelitian ini adalah 1) Keterampilan motorik halus meningkat dengan adanya pengulangan- pengulangan dalam melakukan kegiatan menganyam dan adanya pembaharuan media dengan bentuk sesuai tema. Hal ini ditunjukkan dengan kondisi awal atau pratindakan keterampilan motorik halus anak sebesar 32,95%,Pada siklus I sebesar 60,23% dengan peningkatan 27,28%, dan pada siklus II sebesar 81,31%. dengan peningkatan 21,08%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:09
Last Modified: 08 Nov 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14557

Actions (login required)

View Item View Item