Analisis Efikasi Diri (Self Efficacy) Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII SMP Nuris Jember.

NISAK, TRI KHOYRUN (2019) Analisis Efikasi Diri (Self Efficacy) Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pokok Bahasan Segitiga Kelas VII SMP Nuris Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
TRI KHOYRUN NISAK_T20157042.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

Kajian penelitian ini dilatarbelakangi diantaranya efikasi diri adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas. Dan kemampuan menyelesaikan masalah perlu dibarengi dengan pengembangan efikasi diri. Sehingga efikasi diri sangat penting ada pada diri siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis efikasi diri siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan segitiga kelas VII SMP Nuris Jember? (2) Bagaimana analisis efikasi diri siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan segitiga kelas VII SMP Nuris Jember? (3) Bagaimana analisis efikasi diri siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan segitiga kelas VII SMP Nuris Jember? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan menurut Milles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh efikasi diri siswa yang memliki kemampuan matematika tinggi dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan mampu memenuhi indikator level, generality dan strength. Efikasi diri siswa yang memiliki kemampuan sedang dapat menyelesaikan kemampuan matematika dengan baik tetapi hanya memenuhi indikator generality dan indikator strength. Efikasi diri siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah tidak dapat menyelesaikan masalah dan belum memenuhi indikator level, generality dan strength. Kesimpulan penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi mampu mengerjakan soal yang tingkat kesukaran mudah, sedang dan sukar, mampu menguasai beberapa konsep sekaligus dalam menyelesaikan tugas dan mengerjakan dengan serius. Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang saat mengerjakan tidak tergesa-gesa, menguasai konsep dalam menyelesaikan tugas dan mampu mengerjakan dua soal yang tingkat kesukaran mudah dan sedang. Siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah belum mampu menyelesaikan soal yang tingkat kesukaran mudah, sedang dan sukar, hanya menguasai konsep tertentu dalam menyelesaikan tugas dan saat mengerjakan sering menoleh kekanan dan kekiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:09
Last Modified: 08 Nov 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14558

Actions (login required)

View Item View Item