Penegakan Kedisiplinan Dalam Character Building siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember, Pembimbing I : H. Moch. Imam Machfudi, S.S, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. H. Hadi Purnomo, M.Pd.

HILALI, MUHAMMAD (2020) Penegakan Kedisiplinan Dalam Character Building siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember, Pembimbing I : H. Moch. Imam Machfudi, S.S, M.Pd., Ph.D. Pembimbing II: Dr. H. Hadi Purnomo, M.Pd. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD HILALI_0849318002.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Lembaga pendidikan yang ada di Indonesia wajib memiliki peraturan-peraturan yang harus ditaati oleh seluruh warga sekolah/madrasah (formal maupun informal). Kedisiplinan dalam bentuk peraturan merupakan sarana paling efektif untuk chacarter building peserta didik. sehingga semua orang yang terlibat di sekolah, mulai dari siswa, guru, maupun pengurus madrasah dapat mengikutinya dengan baik. Fokus Penelitian ini adalah: Bagaimana proses penegakan kedisiplinan dalam character building siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember?, bagaimana peran guru dan pengurus dalam melaksanakan penegakan kedisiplinan siswa di MTs Unggulan Al- Qodiri 1 Jember?, dan bagaimana implikasi penegekan kedisiplinan dalam character building siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember? Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan proses penegakan kedisiplinan siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, untuk mendeskripsikan peran guru dan pengurus dalam melaksanakan penegakan kedisiplinan siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, dan untuk mendeskripsikan implikasi penegakan kedisiplinan dalam character building siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yakni data collection, data condensation, data display, conclusion drawing/ verification. Adapun menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Proses penegakan kedisiplinan siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, meliputi: a. merumuskan tujuan, b. membuat penilaian harian siswa dalam bentuk buku saku jujur siswa, c. membuat agenda kegiatan siswa, d. membuat klasifikasi sanksi, e. melakukan pengawasan jalannya penegakan kedisiplinan siswa yang terdiri dari jajaran ketua kamar (kukar), pengurus daerah (pendar), komisi penegakan kedisiplinan (KPK), dan jajaran dewan guru. Sedangkan pengawasan yang dilakukan oleh orang tua dilakukan dengan hasil fingerprint siswa saat datang ke madrasah. Peran guru dan pengurus dalam menegakkan kedisiplinan siswa di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, meliputi: a. Memberikan pengarahan; b. Memberikan motivasi; c. Memimpin jalannya proses penegakan disiplin siswa dalam character building; d. Pengambil keputusan atas tindakan pelanggaran kedisiplinan siswa. Implikasi penegakan disiplin dalam character building siswa MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember, terdiri dari: a. Relasi diri dengan Tuhan Yang Maha Esa, meliputi; nilai religius, b. Relasi diri dengan diri sendiri, meliputi; kejujuran, kemandirian, dan kreatifitas, dan tanggung jawab, c. Resi diri dengan sesama, meliputi; komunikatif, santun, peduli sosial dan toleransi, d. Relasi diri dengan lingkungan, meliputi; peduli dan cinta lingkungan. e. Relasi diri dengan Bangsa dan Negara, meliputi; cinta damai dan cinta tanah air.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:09
Last Modified: 08 Nov 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14569

Actions (login required)

View Item View Item