Implementasi Nilai Ajaran Islam Terhadap Pelestarian Lingkungan Dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan

Karoma, Avidatul (2022) Implementasi Nilai Ajaran Islam Terhadap Pelestarian Lingkungan Dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AVIDATUL KAROMA_T20181253.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan merupakan bentuk upaya dalam melestarikan lingkungan, selain itu sebagai penanaman nilai-nilai ajaran Islam terhadap warga sekolah. Adanya program Adiwiyata di sekolah juga sebagai bentuk partisipasi sekolah dalam mensukseskan program pemerintah dan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia dalam menjaga dan melestarikan lingkungan melalui pendidikan.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi nilai akidah terhadap pelestarian lingkungan dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan?; 2) Bagaimana implementasi nilai ibadah terhadap pelestarian lingkungan dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan?; 3) Bagaimana implementasi nilai akhlak terhadap pelestarian lingkungan dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan?.
Tujuan penelitian ini adalah:1) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai akidah terhadap pelestarian lingkungan dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan; 2) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai ibadah terhadap pelestarian lingkungan dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan; 3) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai akhlak terhadap pelestarian lingkungan dalam Program Adiwiyata di SMP Negeri 5 Lamongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reaserch). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi jenis partisipasi pasif, wawancara jenis semiterstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) implementasi nilai akidah diterapkan melalui pembacaan doa sebelum melaksanakan kegiatan, mematuhi peraturan program Adiwiyata, dan meyakini pada diri bahwa setiap perbuatan dan tingkah laku akan selalu dalam pengawasan Allah SWT. di luar kegiatan Adiwiyata diimplementasikan melalui kegiatan sholat duha dan duhur berjama’ah, pembacaan surah-surah/ juz amma, perayaan hari besar Islam (PHBI), dan ekstrakulikuler banjari. 2) implementasi nilai ibadah diterapkan melalui setiap partisipasi aktif warga sekolah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan Adiwiyata dengan rasa tanggung jawab,seperti menghidupkan lahan yang mati dengan menanam tumbuhan dan menjaga kebersihan 3) implementasi nilai akhlak diterapkan melalui pelaksanaan seluruh program kerja Adiwiyata (14 pokja) sebagai implementasi nilai-nilai akhlak terhadap lingkungan yakni implementasi dari sikap peduli dan kasih sayang pada tumbuhan, sikap hormat pada alam, sikap tanggung jawab, persaudaraan sesama makhluk dan sikap syukur.
Kata kunci: nilai ajaran Islam, pelestarian lingkungan, program Adiwiyata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Avidatul Karoma
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:55
Last Modified: 08 Nov 2022 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14571

Actions (login required)

View Item View Item