Komparasi Hasil Belajar Akidah Akhlak dalam Pembelajaran Online dengan Media Google Classroom, E-Learning Madrasah dan Whatsapp Kelas XII di MAN 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021. Pembimbing I: Dr. H Mundir M.Pd. Pembimbing II: Dr. Moh. Sutomo, M.Pd

iiSUPRABA, SILENT iNORMALINA (2021) Komparasi Hasil Belajar Akidah Akhlak dalam Pembelajaran Online dengan Media Google Classroom, E-Learning Madrasah dan Whatsapp Kelas XII di MAN 3 Banyuwangi Tahun Ajaran 2020/2021. Pembimbing I: Dr. H Mundir M.Pd. Pembimbing II: Dr. Moh. Sutomo, M.Pd. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SILENT iNORMALINA iiSUPRABA_0849318021.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Tahun ini merupakan masa-masa sulit karena adanya pandemic covid-19 yang telah melanda dunia. Pandemic ini telah melemahkan berbagai sektor baik dari ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi. Pandemic ini mengakibatkan proses pembelajaran yang awalnya sudah tertata secara sistematis kemudian harus banting setir dengan system yang beda karena covid-19 ini tidak memperbolehkannya banyaknya orang untuk berkerumun dan harus jaga jarak agar penularan virus ini tidak merajalela. Banyak sekolah-sekolah yang menggunakan pembelajaran daring atau dalam jaringan agar kegiatan belajar mengajar tetap terlaksana meskipun sekolah diliburkan. Banyak juga sekolah yang mulai menggunakan berbagai aplikasi yang sudah di siapkan google untuk proses pembelajaran seperti edmodo, google classroom, dan juga banyak yang memanfaatkan aplikasi whatsapp untuk proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah ada perbedaan hasil belajar akidah akhlak antara media Madrasa e-learning dan media google classroom di MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021?. 2) Apakah ada perbedaan hasil belajar akidah akhlak antara media whatsapp dan media google classroom di MAN 3 Banyuwangi tahun ajaran 2020/2021? Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperiment yang mana disini peneliti akan membandingkan antara kelas sampel 2 dan 3 yang menggunakan pembelajaran dengan media Madrasa e-learning dan whatsaapp dengan kelas sampel 1 yang menggunakan pembelajaran google classroom. Analisis data atau hasil uji statistic pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas. Kemudian untuk menentukan hipotesis menggunakan uji t sederhana (parsial). Hasil Analisis menunjukkan bahwa perbedaan hasil belajar akidah ahlak antara kelas google classroom, Madrasa e-learning dan Whatsapp adalah signifikan. Rata-rata skor hasil belajar akidah akhlak yang menggunakan kelas google classroom adalah 88,42 dan hasil belajar akidah menggunakan kelas madrasa elearning adalah 84,95. Kemudia untuk perbedaan hasil belajar antara kelas goole classroom dan kelas whatsapp adalah 88,42 untuk kelas google classroom dan untuk kelas whatsapp rata-rata nya adalah 83,95. Hasil uji t rata-rata kedua kelompok menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar akidah akhlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:09
Last Modified: 08 Nov 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14577

Actions (login required)

View Item View Item