Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Ghazali Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh Sahlan, M.Ag Pembimbing II: Dr. Moh Sutomo, M.Pd

Rahmatillah, Suciati (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al Ghazali Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Moh Sahlan, M.Ag Pembimbing II: Dr. Moh Sutomo, M.Pd. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Suciati Rahmatillah_0849319009.pdf - Submitted Version

Download (22MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di abad 21 ini berjalan sangat cepat bahkan menjadi tren penggunaan ICT dalam dunia pendidikan. Berbagai aplikasi pendukung telah banyak dikembangkan oleh guru sebagai bahan perencanaan pembelajaran yang efektif dan efisien agar siswa mampu menyerap pembelajaran dengan baik. Dengan demikian guru dituntut agar mampu merancang bahan ajar yang menarik dengan berbantuan aplikasi. Lectora inspire salah satunya, hasil perkembangan teknologi pembelajaran dengan konsep edutainment dengan melibatkan konten multimedia (suara, gambar, video) yang kompleks, sehingga memotivasi penulis untuk menyusun materi bahan ajar berbasis lecora inspire. Penelilitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan spesifikasi bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis lectora inspire materi pembahasan KD 3.12 dan KD 4.12 kelas VIIC SMPIT Al Ghazali Jember (2) Menguji efektifitas bahan ajar Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti berbasis lectora inspire materi pembahasan KD 3.12 dan KD 4.12 kelas VIIC di SMPIT Al Ghazali Jember. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan model Borg and Gall yang terbagi menjadi 10 langkah, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) merevisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan (9) penyempurnaan produk hasil, (10) desiminasi dan implementasi. Teknik analisis data menggunakan T test dengan menggunakan statistik SPSS Versi 25. Penelitian ini menghasilkan Spesifikasi produk bahan ajar lectora inspire (1) bahan ajar multimedia berbentuk CD Rom (2) diberi gambaran KI dan KD 3.12 (3) diberi gambaran KI dan KD 4.12 (4) disajikan peta konsep (5) diberikan petunjuk penggunaan tombol (6) disesuaikan dengan K13 (7) gambar yang berwarna dan video pembelajaran (8) disajikan game interaktif dan latihan soal. Hasil Uji Efektifitas dari analisis data menggunakan simple paired t-test menunjukkan t hitung> t-tabel (3,520 > 2,903 ) artinya bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII meteri pembahasan KD 3.12 dan KD 4.12 efektif digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:08
Last Modified: 08 Nov 2022 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14585

Actions (login required)

View Item View Item