Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I: Dr. H. Sofyan Tsauri, M.M. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I.

SON ASHARI, WINNING (2020) Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif Islam Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan (Studi Kasus di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Jember. Pembimbing I: Dr. H. Sofyan Tsauri, M.M. Pembimbing II: Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
WINNING SON ASHARI_0849118013.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Konteks penelitian ini adalah adanya kesenjangan yang terjadi antara tujuan yang diinginkan pembentukan divisi khusus. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan pengarahan sumber daya manusia dan pelibatan para pemangku kepentingan yang relevan, penanaman prinsip-prinsip dasar sebagai pondasi kuat berakhlak mulia, dan menerapkan dua strategi pendidikan karakter melalui kurikulum dan hidden kurikulum yang berpedoman pada al quran dan hadis yang dikombinasikan dengan regulasi pemerintah dan disesuaikan dengan pembelajar Andragogi. (3) Evaluasi pendidikan karakter dengan penentuan indikator keberhasilan pendidikan karakter, kontrol dan pengawasan melalui tata pamong yang baik, metode evaluasi dan penilaian afektif yang tercatat berbasis muhasabah dan observasi silang serta pemetaan masalah dan tindak lanjut dari hasil evaluasi, melibatkan para pemangku kepentingan yang relevan dalam evaluasi dan penilaian afektif, uji kepuasan para pengguna lulusan untuk menjaga dan meningkatkan mutu lulusan.emerintah dalam pendidikan nasional dengan hasil pendidikan saat ini yang nampaknya masih belum maksimal, terutama dalam hal mencetak pribadi yang bertaqwa dan berakhlak mulia. Kondisi yang ideal di mana seharusnya mahasiswa yang sudah mengenyam pendidikan karakter sejak jenjang pendidikan SD hingga SMA memiliki intelektualitas dan karakter yang baik, namun yang tampak saat ini masih terbilang kurang menunjukkan hasil yang signifikan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter perspektif Islam dalam mewujudkan mutu lulusan di STDI Imam Syafi’i Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan karakter perspektif Islam dalam mewujudkan mutu lulusan di STDI Imam Syafi’i Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan lokasi penelitian Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i Jember. Dalam penelitian ini peneliti hadir langsung di lokasi penelitian dan menggunakan metode purposive dalam menentukan subjek penelitian. Sumber data yang diteliti oleh peneliti adalah sumber data primer berupa kata-kata dan tindakan serta sumber data sekunder yang berupa sumber data tertulis berupa dokumen dan foto. Untuk pengumpulan datanya, peneliti menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan terstruktur, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisis data dengan teknik Miles, Huberman dan Saldana, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Peneliti juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan member check. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pendidikan karakter dilakukan dengan adanya kesadaran dari sivitasnya akan urgensi pendidikan karakter, perumusan tujuan dan arah serta strategi pendidikan karakter yang berpedoman pada nilai-nilai Islam dan mengacu pada visi misi lembaga serta dikombinasikan dengan regulasi pemerintah, analisis kebutuhan, filterisasi sumber daya manusia, dan pembentukan divisi khusus. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan pengarahan sumber daya manusia dan pelibatan para pemangku kepentingan yang relevan, penanaman prinsip-prinsip dasar sebagai pondasi kuat berakhlak mulia, dan menerapkan dua strategi pendidikan karakter melalui kurikulum dan hidden kurikulum yang berpedoman pada al quran dan hadis yang dikombinasikan dengan regulasi pemerintah dan disesuaikan dengan pembelajar Andragogi. (3) Evaluasi pendidikan karakter dengan penentuan indikator keberhasilan pendidikan karakter, kontrol dan pengawasan melalui tata pamong yang baik, metode evaluasi dan penilaian afektif yang tercatat berbasis muhasabah dan observasi silang serta pemetaan masalah dan tindak lanjut dari hasil evaluasi, melibatkan para pemangku kepentingan yang relevan dalam evaluasi dan penilaian afektif, uji kepuasan para pengguna lulusan untuk menjaga dan meningkatkan mutu lulusan.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 08 Nov 2022 03:43
Last Modified: 08 Nov 2022 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14602

Actions (login required)

View Item View Item