Implementasi Prinsip Ta'awun PAda Kegiatan Arisan Gotong Royong Oleh GRUP Persatuan di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.

Fifi Alida, Yahya (2022) Implementasi Prinsip Ta'awun PAda Kegiatan Arisan Gotong Royong Oleh GRUP Persatuan di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
fifi watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fifi Alida Yahya, M. Saiful Anam. M.Ag. 2022: Implementasi Prinsip Ta’awun Pada Kegiatan Arisan Gotong Royong Oleh GRUP Persatuan di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.
Arisan gotong royong merupakan sekelompok orang yang melakukan kegiatan arisan dengan cara mengumpulkan barang berupa sembako dengan tujuan untuk saling tolong-menolong (ta’awun) antar anggota arisan guna meringankan beban ketika hendak melaksanakan hajatan baik pernikahan maupun khitan.
Fokus penelitian dalam kajian ini yaitu: 1) Bagaimana sistem pelaksanaan kegiatan arisan gotong royong yang dilakukan oleh Grup Persatuan di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 2) Bagaimana metode arisan yang digunakan dalam kegiatan arisan gotong royong oleh Grup Persatuan di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? 3) Bagaimana implementasi prinsip ta’awun pada kegiatan arisan gotong royong oleh grup persatuan di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan sistem pelaksanaan kegiatan arisan gotong royong yang dilakukan oleh grup persatuan di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan metode yang digunakan dalam kegiatan arisan gotong royong oleh grup persatuan di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. 3 )Mendeskripsikan implementasi prinsip ta’awun pada kegiatan arisan gotong royong oleh grup persatuan di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Sistem pelaksanaan kegiatan arisan gotong-royong oleh Grup Persatuan Kabupaten Jember, dilaksanakan dengan cara mengumpulkan barang-barang kebutuhan pokok. 2) Metode arisan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan arisan gotong-royong oleh Grup Persatuan menggunakan metode arisan sesuai kriteria, yakni yang mendapatkan arisan ialah anggota yang akan melaksanakan hajatan pernikah atau khitan. 3) Impementasi prinsip ta’awun pada arisan gotong-royong oleh Grup Persatuan merupakan bentuk ta’awun dalam kebaikan dan ketaqwaan karena dengan adanya tolong-menolong dalam bentuk arisan dapat menghindari masyarakat dari utang.
Kata kunci: arisan, tolong-menolong (ta’awun), hajatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Fifi Alida Yahya
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:47
Last Modified: 09 Nov 2022 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item