Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Star Kid's Jember

Faiqotul H, Siti Syuaibah (2022) Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Star Kid's Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Siti Syuaibah Faiqotul H_ NIM T20183044.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Syuaibah Faiqotul H, 2022: Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Star Kid’s Jember

Kata kunci: manajemen sarpras, ABK, sekolah inklusi

Sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus tidak jauh berbeda dengan sarana dan prasarana pada lembaga formal lainnya. Sejauh ini, anak berkebutuhan khusus tidak hanya bisa menempuh pembelajaran pada sekolah luar biasa akan tetapi juga dapat menempuh pembelajaran pada sekolah inklusi, yang mana pada sekolah inklusi ini menerima siswa yang memiliki hambatan intelektual dan juga menerima siswa reguler biasa. Sedangkan pada sekolah luar biasa memang di khususkan untuk menerima anak-anak yang memiliki keterbatasan seperti tuna netra, tuna daksa, tuna rungu, hambatan intelektual/tuna grahita, dan lain-lain. Sehingga dengan begitu sekolah akan lebih fokus untuk membina serta membimbing anak berkebutuhan khusus dengan baik.

Penelitian ini terdiri dari tiga fokus masalah tentang manajemen sarana dan prasarana pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Star Kid’s Jember, diantaranya (1) perencanaan sarana dan prasarana pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Star Kid’s Jember, (2) implementasi sarana dan prasarana pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Star Kid’s Jemer, dan (3) pengawasan sarana dan prasarana pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Star Kid’s Jember. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara detail bagaimana dan seperti apa proses yang dilakukan terkait manajemen sarana dan prasarana pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa Star Kid’s Jember.

Metode penelitian yang dilakukan peneliti adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian/pendekatan field research (penelitian lapangan) yaitu dengan menganalisis dan mengetahui secara langsung fenomena-fenomena yang terjadi pada lembaga tersebut. Data penelitian diambil melalui wawancara dengan kepala sekolah, waka sarpras, guru, dan wali siswa di Star Kid’s Jember. Tidak hanya itu, penelitian ini juga dilengkapi dengan data-data pendukung seperti dilakukannya proses observasi dan dokumentasi terkait hal-hal yang diperlukan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga Star Kid’s ini membuktikan bahwa telah mampu mengelola manajemen sarana dan prasarana dengan baik mulai dari perencanaan, implementasi, hingga pengawasan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah luar biasa Star Kid’s Jember.

Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana peserta didik ini di susun berdasarkan data kebutuhan peserta didik yang disesuaikan dengan ketunaan masing-masing. Jika terjadi kendala seperti kebutuhan sarpras yang membeludak maka, akan dilakukan pengecekan ulang dan akan melakukan pengadaan sesuai dengan kebutuhan skala prioritas.

Pada proses pengimplementasian manajemen sarana dan prasarana Pendidikan di Star Kid’s Jember, diketahui terdapat beberapa kendala yang sering terjadi seperti sarpras yang tidak dimanfaatkan dengan baik seperti melempar sarana yang ada sehingga dengan begitu secara tidak langsung dapat merusak sarana dan prasarana yang ada di lembaga tersebut.

Pada permasalahan yang terjadi ketika proses pengimplementasian berlangsung khususnya pada pemanfaatan dan pendistribusian maka, siswa yang bersangkutan akan terlebih dahulu diikutsertakan dalam proses terapi di ruang sensor integrasi. Hal ini diharapkan agar siswa yang bersangkutan dapat lebih memahami maksud dan perintah guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Depositing User: Siti Syuaibah faiqotul h
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:45
Last Modified: 08 Nov 2022 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14648

Actions (login required)

View Item View Item