Analisis Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan

Sakdiyah, Rohmawati (2022) Analisis Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROHMAWATI SAKDIYAH_T20181017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abstrak
Pelaksanaan proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan tidak lepas dari adanya perencanaan dan perangkat pembelajaran. Dalam pembelajaran ada beberapa tahapan mulai dari tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap evaluasi pembelajaran. Permasalahan yang terjadi di sekolah MAN 1 Lamongan bahwasannya telah menerapkan soal berbasis HOTS. Dalam dunia pendidikan guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Selain soal HOTS juga dibutuhkan pembelajaran yang mengarah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dapat membuat peserta didik berperan aktif. Keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat dibutuhkan saat ini dalam menghadapi era globalisasi.
Fokus penelitian ini sebagai berikut 1) Bagaimana pendekatan pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan? 2) Bagaimana model pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan?. Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) Mendeskripsikan tentang pendekatan pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan 2) Mendeskripsikan tentang model pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini pada simpulan bahwa: 1) pada pembelajaran akidah akhlak yang sudah terlaksana di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan telah menerapkan lima komponen pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. 2) pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lamongan telah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kompetensi keterampilan 4C (creativity, critical thingking, communication and collaboration). Meski dalam pembelajaran RPP telah memenuhi langkah-langkah pembelajaran berbasis HOTS. Namun, pada pembelajaran akidah akhlak dengan materi aliran-aliran ilmu kalam belum mengarah pada keterampilan berpikir tingkat tinggi dari hasil analisis yang masih mengarah pada C2 dan C3.
Kata kunci: Pembelajaran, Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Rohmawati Sakdiyah
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:52
Last Modified: 09 Nov 2022 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item