Desain Kurikulum dalam Mengembangkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD YPAC Kecamatan Kaliwates Jember

Afcharina, Mariatul Kiptiyah (2022) Desain Kurikulum dalam Mengembangkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD YPAC Kecamatan Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Mariatul Kiptiyah_T20183067)
Mariatul Kiptiyah_ NIM T20183067.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Mariatul Kiptiyah, 2022: Desain Kurikulum dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa di Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD YPAC Jember
(B untuk Tunarungu, C untuk Tunagrahita, D untuk Tunadaksa. YPAC: Yayasan
Pendidikan Anak Cacat)

Kata kunci: Kurikulum; sekolah luar biasa; peserta didik berkebutuhan khusus.

Kurikulum sebagai pedoman proses pendidikan memiliki peran penting
dalam menciptakan pendidikan yang efektif dan efisien. Penggunaan kurikulum di
Sekolah Luar Biasa perlu memperhatikan karakteristik peserta didik, supaya
materi yang disampaikan mampu diterima oleh peserta didik. Dengan adanya
penelitian ini pertimbangan penyusunan kurikulum dapat diperhatikan dengan
baik di Sekolah Luar Biasa. Oleh karena itu, penelitian ini terdiri dari tiga fokus
masalah diantaranya (1) perencanaan desain kurikulum dalam mengembangkan
hasil belajar di Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD YPAC Jember, (2)
pelaksanaan desain kurikulum dalam mengembangkan hasil belajar di Sekolah
Dasar Luar Biasa Bagian BCD YPAC Jember, (3) evaluasi desain kurikulum
dalam mengembangkan hasil belajar di Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD
YPAC Jember. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara detail terkait
desain kurikulum dalam meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar Luar Biasa
Bagian BCD YPAC Jember.

Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan
pendekatan phenomenogical research, dan jenis penelitian studi kasus. Data
penelitian diambil melalui kegiatan wawancara purposive sampling dengan kepala
sekolah, wakil kepala sekolah dibidang kurikulum, dan pendidik di Sekolah Dasar
Luar Biasa Bagian BCD YPAC Jember. Penelitian ini juga dilengkapi dengan
data-data pendukung berupa observasi lapangan dan dokumentasi foto maupun
dokumen fisik. Analisis data menggunakan milik Miles dan Huberman yaitu
reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD
YPAC Jember menerapkan kurikulum dengan merujuk pada kebutuhan peserta
didik berkebutuhan khusus. Perencanaan kurikulum disusun berdasarkan profil
sekolah yang mencakup visi misi dan tujuan, kondisi pendidik dan tenaga
kependidikan, kondisi peserta didik. Pada prosesnya juga melibatkan kerjasama
dengan orang tua/wali murid peserta didik. Perencanaan dilakukan dengan
merujuk pada data-data pendidikan satu tahun sebelumnya.
Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian BCD YPAC Jember menggunakan dua
kurikulum dalam satu waktu yaitu Kurikulum 2006 (KTSP) dan Kurikulum 2013.
Sistem kelas mix diterapkan dengan mengelompokkan peserta didik dengan jenis
ketunaan yang sama dan bisa berasal dari tingkatan kelas yang berbeda melalui
asesmen. Peserta didik berhasil memperoleh kemenangan di lomba-lomba. Pada
pelaksanaan kurikulum, pemilihan media dan metode pembelajaran dilakukan
sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan jenis ketunaannya, danprogram fisioterapi.Evaluasi kurikulum dilakukan menggunakan hasil tugas
harian peserta didik, penilaian tengah dan akhir semester, kemampuan sosial,
keterampilan dan perkembangan peserta didik. Penentuan alternatif pembelajaran
dipertimbangkan dengan kebutuhan peserta didik. Kemudian evaluasi program
terapi diikutsertakan dengan data hasil laporan setiap bulan. Penentuan kurikulum
tahun pembelajaran selanjutnya berdasarkan data kurikulum satu tahun
pembelajaran sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mariatul Kiptiyah Afcharina
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:28
Last Modified: 08 Nov 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14671

Actions (login required)

View Item View Item