AlKindi, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ASIK GEMBIRA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKHLAK DAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMA 02 DIPONEGORO WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI DIFKA LENGKAP WATERMARK.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran asik gembira di SMA 02
Diponegoro Wuluhan Jember. Yang dilatar belakangi oleh pembelajaran yang
kurang maksimal dalam kegiatan belajar mengajar sehingga banyak dari peserta
didik merasa kurang nyaman, kurang semangat, dan tidak senang dari segi
berbagai faktor. Sehingga diperlukan beberapa upaya untuk menangani
permasalahan tersebut, salah satu upaya tersebut adalah dengan menerapkan
pembelajaran yang rileks, nyaman, dan menyenangkan. Melalui pembelajaran asik
gembira yang diterapkan di SMA 02 Diponegoro Wuluhan Jember peserta didik
akan mendapatkan pembelajaran yang meningkatkan akhlak dan keaktifan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran asik
gembira dalam upaya meningkatkan akhlak dan keaktifan siswa pada kelas XI di
SMA 02 Diponegoro Wuluhan Jember? 2) Bagaimana pengaruh pembelajaran
asik gembira dalam upaya meningkatkan akhlak dan keaktifan siswa pada kelas
XI di SMA 02 Diponegoro Wuluhan Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu agar: 1)
Mendeskripsikan implementasi pembelajaran asik gembira dalam upaya
meningkatkan akhlak dan keaktifan siswa pada kelas XI di SMA 02 Diponegoro
Wuluhan Jember 2) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran asik gembira dalam
upaya meningkatkan akhlak dan keaktifan siswa pada kelas XI di SMA 02
Diponegoro Wuluhan Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualittaif dengan jenis
penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dan teknik pengumpulan yang
digunakan adalah observasi (participan observation), wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan
adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian: 1) pembelajaran asik gembira tidak hanya berisi lelucon,
tepuk tangan, bernyani dan lain sebagainya. Pembelajaran asik gembira
merupakan pembelajaran yang dapat dinikmati oleh pesertra didik, yang memiliki
pola hubungan yang baik antara pendidik dan peserta didik, dimana dalam fasenya
dibagi menjadi tiga waktu yaitu pra pembelajaran, pembelajaran, dan pasca
pembelajaran. 2) pengimplementasian dari pembelajaran asik gembira
meningkatkan akhlak peserta didik seperti taat dan patuh, berbicara dengan nada
yang rendah dan lembut, mengutamakan hormat kepada guru, memperhatikan
guru ketika mengajar, adanya rasa toleransi dan saling memahami yang tinggi.
Adapun dalam segi keaktifan adalah aktif dalam diskusi, berani bertanya, tidak
malu untuk mengemukakan pendapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Luhmas Dievka Alkindi |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 07:50 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 07:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14687 |
Actions (login required)
View Item |