Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Salafiyah (Studi Multi Situs di Pesantren Al-Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi Kabupaten Bondowoso.

Abidin, Muhammad Zainal (2020) Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren Salafiyah (Studi Multi Situs di Pesantren Al-Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi Kabupaten Bondowoso. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Muhammad Zainal Abidin_0849116011.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Kitab Kuning, Pesantren Salafiyah, Pengajaran kitab kuning di pesantren merupakan sebuah implementasi dari fungsi pesantren sebagai lembaga pendidikan sekaligus lembaga dakwah. Karena diketahui, tradisi pesantren tidak lengkap tanpa kitab kuning. Maka dari itu, untuk menjaga eksistensi pengajaran kitab kuning di pesantren, manajemen pembelajaran menjadi fokus yang harus dikembangkan pesantren sebagai bagian komperhensif pengembangan pesantren, hal ini ditekankan karena manajemen pembelajaran manjadi kunci keberhasilan proses pembelajaran di pesantren. Fokus Penelitian ini membahas bagaimana perberdayaan sarana prasarana pembelajaran kitab kuning di pesantren Al-Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi, bagaimana pemberdayaan waktu pembelajaran kitab kuning di pesantren Al- Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi, dan bagaimana menciptaakan lingkungan pembelajaran kitab kuning di pesantren Al-Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi. Tujuan penelitian 1. mendeskripsikan pemberdayaan sarana prasarana pembelajaran kitab kuning di pesantren Al-Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi, 2. Mendeskripsikan pemberdayaan waktu pembelajaran kitab kuning di pesantren Al-Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi. 3. untuk mendeskripsikan penciptaan lingkungan pembelajaran kitab kuning di pesantren Al-Ustmani dan Al-Hasani Al-Lathifi, Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Adapun rancangan penelitian menggunakan studi multi situs. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles – Huberman and Saldana yaitu: condensation data,Reduction data,data display, dan conclution drawing/verivication. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan 4 (empat) alat uji yakni: credibility, transfability, dependability, dan confirmability. Hasil Penelitian menunjukkan : 1) Pemberdayaan sarana prasarana dilaksanakan dengan a) Optimalisasi Fungsi Sumber Belajar, b) Pendayagunaan Media Pembelajaran dan, c) Pemanfaatan sarana prasarana berbasis teknologi informasi. 2) Pemberdayaan waktu pembelajaran kitab kuning dilaksanakan dengan a) Merencanakan Alokasi Waktu Pembelajaran, b) Implementasi Alokasi Waktu Pembelajaran dan c) Evaluasi Waktu Pembelajaran. 3. Menciptakan lingkungan pembelajaran kitab kuning dilaksanakan dengan :a) Revitalisasi Tata Tertib Pesantren, b) Penataan Ruang Belajar, dan c). Membangun Komunikasi Ustadz – Santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 23 Feb 2021 02:24
Last Modified: 23 Feb 2021 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item