MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK AKHLAK MULIA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DI SDLB-BCD YPAC KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022

Dina Kamalia, Mursidah (2022) MODEL DIRECT INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK AKHLAK MULIA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNAGRAHITA DI SDLB-BCD YPAC KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DINA KAMALIA MURSIDAH_T20181148..pdf

Download (4MB)

Abstract

Dina Kamalia Mursidah, 2022. Model direct instruction dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Membentuk Akhlak Mulia pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita di SDLB-BCD YPAC Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2021/2022
Kata kunci: Model direct instruction, Akhlak Mulia, ABK Tunagrahita.

Model direct instruction merupakan salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran anak tunagrahita, model pembelajaran langsung ini dilakukan dengan cara bertahap menyesuaikan kemampuan anak tunagrahita. Pembelajaran yang dilakukan dengan cara bertahap memberikan dampak positif kepada anak tunagrahita yang memiliki keterbatasan intelektual karena dengan cara guru memberikan materi sedikit demi sedikit akan membuat peserta didik lebih mudah menangkap materi yang disampaikan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan Model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita? 2) Apa saja faktor pendukung dalam menerapkan Model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita? 3) Bagaimana evaluasi dari penerapan Model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita? dan tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan Model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita 2) Mengetahui faktor pendukung Model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita? 3) Mendeskripsikan evaluasi dari penerapan Model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk Membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita di SDLB-BCD YPAC Kaliwates Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik.
Temuan penelitian ini, yakni: 1) Pelaksanaan model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita melalui 5 tahap, yaitu pertama guru membuka dengan salam kemudian melakukan orientasi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran dan menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. Kedua, guru melakukan demontrasi pengetahuan terkait materi yang diajarkan. Ketiga, guru memberi latihan dengan bimbingan. Keempat, guru mengecek apakah cara yang dilakukan sesuai dengan instruksi atau belum. Kelima, guru memberi kesempatan untuk mempraktikannya di rumah. 2) Faktor pendukung model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita yakni dari aspek guru, aspek siswa, dan aspek sarana prasarana yang menjadi aspek mendasar dalam pembelajaran. 3) Evaluasi dari penerapan model direct instruction dalam Pembelajaran PAI untuk membentuk Akhlak Mulia pada ABK Tunagrahita di SDLB-BCD YPAC Kaliwates ada tiga bentuk penilaian yaitu penilaian kelakuan, penilaian kerajinan dan penilaian kerapian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dina Kamalia Mursidah
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:20
Last Modified: 10 Nov 2022 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item View Item