Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Berbasis Islami Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo

Febriyanti, Ratna (2022) Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Berbasis Islami Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ratna Febriyanti _ T20187043 _ Tadris Matematika.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ratna Febriyanti, 2022: Pengembangan E-modul pembelajaran matematika berbasis islami pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di MAN 2 Kabupaten Probolinggo.
Kata Kunci : Pengembangan, E-modul, Berbasis Islami, Sitem Persamaan Linier Tiga Variabel
Pengintegrasian antara matematika dengan ilmu agama memang tidak mudah. Namun ini harus dilakukan karena ilmu pada dasarnya sama yaitu berasal dari Tuhan, yang akan indah jika dipelajari secara berkaitan dalam waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, peneliti mencoba mengembangkan sebuah bahan ajar berupa E-modul matematika berbasis islami yang layak digunakan dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini terdiri dari 1) Untuk Mengetahui bagaimanakah pengembangan E-modul pembelajaran matematika berbasis islami materi SPLTV kelas X Madarasah Aliyah Negeri 2 Kapubapeten Probolinggo yang sesuai dengan mata pelajaran matematika pada materi Sistem persamaan linier tiga variabel, 2) Untuk mengatahui bagaimanakah respon siswa terhadap kelayakan E-modul pembelajaran matematika berbasis islami materi SPLTV kelas X Madarasah Aliyah Negeri 2 Kapubapeten Probolinggo.
Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika berbasis islami ini menggunakan model ADDIE di MAN 2 Kabupaten Probolinggo pada materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa untuk kelompok sedang dan 30 siswa untuk kelompok besar. Pengujian dilakukan dengan uji kevalidan dan angket siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Alur penelitian dengan ADDIE dari langkah analysis (analisis) dimana peneliti mengevaluasi KI dan KD serta kurikulum yang digunakan. Langkah kedua yaitu design (desain) yang terdiri dari perancangan komponen-komponen e-modul, perancangan Materi/isi, perancangan desain dan perancangan instrument. Langkah berikutnya development (pengembangan). Pada langkah ini dilakukan validasi oleh ahli kemudian dilakukan revisi dari validasi hingga E-modul dinyatakan layak. Langkah selanjutnya implementation (penerapan). Pada langkah ini dilakukan uji coba kelompok sedang yang terdiri dari 6 siswa dan uji coba kelompok besar yang terdiri dari 30 siswa. langkah terakhir ialah evaluation (evaluasi). Pada langkah ini dilakukan penilaian terhadap kelayakan E-modul. Dari penilaian validasi ahli materi diperoleh 78,79 %. Penilaian ahli media didapatkan nilai 82,4 %. Penilaian oleh ahli bahasa didapatkan nilai 97,73. Kemudian dilanjutkan dengan hasil penilaian angket siswa kelompok sedang diperoleh nilai 82,5 % sehingga dilanjutkan dengan penilaian angket siswa uji coba kelompok besar dengan diperoleh nilai 83,42 %. Berdasarkan penilaian tersebut e-modul pembelajaran Matematika berbasis islami pada materi sistem persamaan linier tiga variabel layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ratna Febr Ratna Febriyanti
Date Deposited: 22 Nov 2022 01:46
Last Modified: 22 Nov 2022 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item View Item