Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2021/2022

Amalia, Firda Maghfirrotus (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA Al-Hikmah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIRDA MAGHFIRROTUS AMALIA_T20181004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi pada dunia pendidikan saat ini adalah proses pembelajaran di kelas yang monoton yang menyebabkan penerapan terhadap pembelajaran yang telah dilakukan di kelas tidak terimplementasi dengan baik ketika dalam kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang membuat siswa cepat bosan dan tidak antusias dalam pembelajaran. Model pembelajaran problem based learning diterapkan guna untuk memberikan suatu hal yang positif dan menyenangkan dengan mengaitkan permasalahan yang terjadi di sekitar siswa. Fokus Penelitian skripsi ini adalah: Pertama, Bagaimana perencanaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al-Hikmah Pasrujambe Lumajang tahun pelajaran 2021/2022? Kedua bagaimanapelaksanaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al-Hikmah Pasrujambe Lumajang tahun pelajaran 2021/2022?. Ketiga, Bagaimana evaluasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al-Hikmah Pasrujambe Lumajang tahun pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al-Hikmah Pasrujambe Lumajang tahun pelajaran 2021/2022. Kedua mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran problem based learninguntuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al-Hikmah Pasrujambe Lumajang tahun pelajaran 2021/2022. Ketiga mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al-Hikmah Pasrujambe Lumajang tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan.Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perencanaan dengan menyiapkan perangkat pembelajaran serta bahan ajar yang di dalamnya memiliki beberapa kriteria. Kedua yaitu pelaksanaan. Pada tahap ini merupakan penerapan sintaks model pembelajaran problem based learning. Tahap ketiga yaitu evaluasi yaitu dengan menggunakan peer assessment dan self assessment serta dalam penerapannya mampu meningkatkan keaktifan siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Firda Maghfirrotus Amalia
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:58
Last Modified: 09 Nov 2022 06:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14791

Actions (login required)

View Item View Item