ANALISIS SISTEM KEMITRAAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WISATA TIRTA AGUNG DESA SUKOSARI KECAMATAN SUMBERWRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO

Fausi, -Nofi Rizki (2022) ANALISIS SISTEM KEMITRAAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA WISATA TIRTA AGUNG DESA SUKOSARI KECAMATAN SUMBERWRINGIN KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NOFI RIZKI FAUSI WATERMARK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Analisis Sistem Kemitraan Dalam Meningkatkan Daya Saing Pariwisata Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wisata Tirta Agung Desa Sukosari Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso.

Kata Kunci :Desa Wisata, Sistem Kemitraan, Daya Saing.

Dalam upaya untuk meningkatkan daya saing, Desa Wisata Tirta Agung mengupayakan sistem kemitraan pasca dilanda Pandemi Covd-19.Sehingga Fenomena ini menarik untuk diteliti.
Fokus penelitianini : 1. Bagaimana sistem kemitraan dalam meningkatkan daya saing pariwisata pada masa pandemi Covid-19 di desa wisata Tirta Agung Kecamatan Sumberwringin Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso? 2. Bagaimana daya saing pariwisata di desa wisata Tirta Agung Desa Sukosari Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso?
Tujuan penelitian :1. Menganalisis sistem kemitraan dalam meningkatkan daya saing pariwisata pada masa pandemi Covid-19 di desa wisata Tirta Agung Desa Sukosari Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. 2. Menganalisis daya saing pariwisata di desa wisata Tirta Agung Desa Sukosari Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah : 1. Sistem kemitraan yang dilakukan oleh pihak desa wisata yaitu dengan bermitra dengan akademisi, ekstra dan juga dengan perusahaan. Pihak desa wisata selalu membuka ruang untuk melakukan kerjasama guna untuk keefektifan dalam peningkatan kunjungan terhadap wisata.Dengan melakukan kemitraan tidak hanya bermanfaat bagi Tirta Agung, tetapi juga terhadap pihak yang bermitra secara umum. 2. Untuk terus meningkatkan daya saing wisatawan, desa wisata selalu membuat event setiap tahun dan berusaha berinovasi penambahan produk untuk terus bersaing dengan wisata-wisata yang ada di sekitar Tirta Agung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Nofi Rizki Fausi
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:06
Last Modified: 09 Nov 2022 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item