Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Dalam Menggulangi Kenakalan Remaja Study Kasus di Pondok Pesantren Al Bidayah dan Darus Sholah Jember

BAIRI, ZU (2020) Internalisasi Nilai-nilai Akhlak Dalam Menggulangi Kenakalan Remaja Study Kasus di Pondok Pesantren Al Bidayah dan Darus Sholah Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ZUBAIRI_0849318047.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Pendidikan niali-nilai akhlah yang diajarkan di Pondok Pesantren sangat dibutuhkan oleh setiap orang tua, guru dan remaja. Kenakalan remaja mengakibatkan anak jatuh dalam lembah kerusakan, baik rusak ajaran agama, akhlak, moral, social dan lain-lain. Internalisasi nilai-nilai akhlak dilakukan melalui proses penghayatan karakter, moral, budi pekerti luhur, yang terpancar dari ajaran agama, guna menaggulangi kenakalan remaja. Seperti pergaulan dengan lawan jenis, menghasab, membolos, mencuri, minum miras, gang, , doktrin yang berakibat pada the radikalisme. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai akhlak kepada Allah Swt, dalam menanggulangi kenakalan remaja di Pondok Pesantren al Bidayah dan Darus Sholah Jember Tahun 2020. (2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai akhlak kepada sesama dalam menanggulangi kenakalan remaja di Pondok Pesantren al Bidayah dan Darus Sholah Jember Tahun 2020. (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai akhlak kepada lingkungan dalam menanggulangi kenakalan remaja di Pondok Pesantren al Bidayah dan Darus Sholah Jember Tahun 2020 Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai akhlak kepada Allah swt dalam menanggulangi kenakalan remaja di Pondok Pesantren al Bidayah dan Darus Sholah Jember Tahun 2020. (2) Mendeskripsikan internalisasi nilainilai akhlak kepada sesama dalam menanggulangi kenakalan remaja di Pondok Pesantren al Bidayah dan Darus Sholah Jember Tahun 2020. (3) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai akhlak kepada lingkungan dalam menanggulangi kenakalan remaja di Pondok Pesantren al Bidayah dan Darus Sholah Jember Tahun 2020 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan study kasus. Model analisis data yang digunakan penelitian ini adalah model interaktif Milles, Huberman dan saldana J 2014. Dengan langkah-langkah kondensasi data, display data dan verifikasi data. Tekhnik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.. Hasil penelitian di Pondok Pesantren Al Bidayah dan Darus Sholah yaitu (1). Internalisasi nilai akhlak kepada Allah Swt, menekankan pada berorientasi pada kajian keilmuan, shalat berjamaah, membaca al Qur’an, qiyamul lail, pembacaan shalawat qiyam, pembacaan rotibul haddad. (2) internalisasi nilai akhlak kepada sesama, menekankan pada menjaga kerukunan, mengikuti kegiatan RKM, memberikan bantuan, sosialisasi kesehatan dan lalu lintas, (3) internalisasi nilai akhlak kepada lingkungan, menitik beratkan pada anjuran dan nasihat aplikatip penanaman pohon yang bermanfaat bagi kesehatan, menjaga kebersihatan masjid, musholla, tempat belajar, kamar dan tempat bersuci.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:12
Last Modified: 09 Nov 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14816

Actions (login required)

View Item View Item