Urgensi Implementasi Fundraising Lembaga Amil Zakat Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jember dalam Meningkatkan Jumlah Pendapatan Dana di Era Normal Baru

ANDRIANI, NITA (2021) Urgensi Implementasi Fundraising Lembaga Amil Zakat Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Jember dalam Meningkatkan Jumlah Pendapatan Dana di Era Normal Baru. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NITA ANDRIANI_203206060030.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Potensi zakat di Indonesia sebagai negara dengan jumlah populasi muslim terbesar di dunia terlihat kurang terserap dengan maksimal. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 menjadikan resesi ekonomi. Hal tersebut pastinya berdampak pada perekonomian di Kabupaten Jember. Dengan berbagai persoalan yang ada, maka muncullah urgensi fundraising oleh lembaga filantropi. Dalam penelitian ini penulis lebih memilih LAZISNU Kabupaten Jember dari lembaga lain, karena warga jember mayoritas penduduknya adalah Warga Nahdatul Ulama. Maka potensi fundraising di LAZISNU Kabupaten Jember sangat besar. Fokus penelitian ini mengkaji 1) Bagaimana Urgensi fundraising pada LAZISNU Kabupaten Jember, 2) Bagaimana urgensi implementasi fundraising LAZISNU Kabupaten Jember dapat meningkatkan jumlah pendapatan di era normal baru, 3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung fundraising LAZISNU Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini 1) Mengetahui Urgensi fundraising untuk LAZISNU Kabupaten Jember, 2) Mengetahui urgensi implementasi fundraising LAZISNU Kabupaten Jember dapat meningkatkan jumlah pendapatan di era normal baru, 3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam fundraising LAZISNU Kabupaten Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Alasan penulis menggunakan kualitatif agar memperoleh data yang kaya, informasi yang mendalam tentang isu atau masalah. Penulis memilih metode deskriptif karena ingin memilih data yang penting, baru, unik dan terkait dengan rumusan masalah atau pertanyaan penelitian. Data tersebut dikumpulkan dengan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan triangluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara LAZISNU Kabupaten Jember sendiri dalam kegiatan fundraisingnya meliputi: 1) Menghimpun dana untuk didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan juga untuk biaya operasional, 2) Menghimpun donatur, di LAZISNU Kabupaten Jember mempunyai donatur tetap dan donatur tidak tetap, 3) Menghimpun Simpatisan dan relawan juga landasan pendukung, guna mendapatkan posisi tawar dan LAZISNU Kabupaten Jember dapat bertahan dengan jangka panjang, 4) LAZISNU Kabupaten Jember selalu memperhatikan kepuasan donatur dengan cara mengajak donatur menyalurkan dana, juga dengan tidak adanya potongan dari dana yang disalurkan donatur. Implementasi fundraising LAZISNU Kabupaten Jember dengan teknik fundraising: direct fundraising, indirect fundraising, serta inovasi penguatan struktur sehingga dapat meningkatkan jumlah pendapatan dana di periode ke-2 hingga 8 kali lipat. Faktor penghambat dan pendukung diukur dengan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa fundraising di LAZISNU Kabupaten Jember berada pada kuadran I. Hal ini menunjukkan bahwa LAZISNU Kabupaten Jember memiliki kekuatan (strength) dan peluang (opportunity) yang sangat bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:12
Last Modified: 09 Nov 2022 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14818

Actions (login required)

View Item View Item