embelajaran Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif 01 KH Siddiq Jember

NDAH SARI, NUR (2020) embelajaran Kontekstual pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Madrasah Ibtida’iyah Ma’arif 01 KH Siddiq Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NUR INDAH SARI_0849417017.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini, masih banyak guru yang menggunakan cara konvensional dalam mengajar. Masih banyak kendala dalam menerapkan pembelajaran tematik di MI/SD. Siswa hanya hafal materi, namun kurang memahami maksud mempelajari mata pelajaran yang diberikan. MIMA 01 KH. Shiddiq Jember adalah lembaga yang melaksanakan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran tematik. Hal tersebut dapat diamati dalam kegiatan pembelajaran yang mengarah pada keaktifan siswa, belajar dalam tim/kelompok, dan penialain autentik. Fokus penelitian ini yaitu: 1) bagaimana konstruktivistik dalam pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu?, 2) bagaimana inquiry dalam pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu?, 3)bagaimana penilaian autentik pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu di MIMA 01 KH Siddiq Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis: 1)konstruktivistik dalam pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu, 2) inquiry dalam pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu, 3) penilaian autentik pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu di MIMA 01 KH Siddiq Jember. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori Elaine Johnson bahwa merupakan proses pendidikan yang memiliki tujuan untuk menolong siswa melihat makna pada materi pelajaran yang dipelajari dengan menghubungkan subjek akademik dengan konteks kehidupan nyata berupa konteks pribadi, sosial maupun budaya. Komponen pembelajaran kontekstual menggunakan teori Sumiati dan Asra komponen utama dalam pembelajaran kontekstual yaitu Konstruktivistik, bertanya, inquiry, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, , penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian study kasus (case study). Tekhnik penentuan informan menggunakan pusposive. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model interaktive Miles dan Huberman. Uji Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) konstruktivistik dalam pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu meliputi mengaktifkan pengetahuan yang sudah ada, mengkonstruk pengetahuan dengan pengetahuan baru, dengan kegiatan awal guru melakukan presentasi untukmembuat menstimulus pengetahuan awal peserta didik, tidak hanya menerima materi tapi ikut aktif dalam proses pembelajaran dengan melaksanakan diskusi kelompok. 2) inquiry dalam pembelajaran kontekstual pada pembelajaran tematik terpadu meliputi mengasah kemampuan berpikir kritis, melontarkan permasalahan, mengumpulkan data, dan merumuskan penjelasan. Proses inquiry dilaksanakan dengan melaksanakan kerja kelompok, siswa saling bekerja sama menjawab soal yang telah disediakan dalam lembar kerja, siswa yang memiliki kemampuan lebih menjadi tutor bagi yang lain. 3) penilaian autentik yang dilaksanakan menggunakan tiga penilaian yaitu penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Penilaian autentik digunakan untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran serta untuk dijadikan acuan evaluasi bagi guru. Penilaian sikap dilaksanakan ketika dalam proses pembelajaran dengan pengamatan guru, penilaian pengetahuan dilaksanakan dengan tes lisan dan tulis, penilaian keterampilan dilaksanakan dengan praktek menyanyi untuk kelas I dan praktek drama di kelas IV.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:41
Last Modified: 09 Nov 2022 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14821

Actions (login required)

View Item View Item