Penerapan Teknik Positive Self Talk dalam Peningkatan Kepercayaan Diri Untuk Anak Tunagrahita di SLB PGRI Bangorejo Kabupaten Banyuwangi

anatus, solehah (2022) Penerapan Teknik Positive Self Talk dalam Peningkatan Kepercayaan Diri Untuk Anak Tunagrahita di SLB PGRI Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Anatus Solehah_D20183003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tiap individu memiliki kepercayaan diri yang berbeda-beda. Terdapat
kepercayaan diri yang tinggi maupun yang rendah. Pengaruh adanya faktor
internal dan eksternal mempengaruhi tingkatan kepercayaan diri tersebut. Dari hal
tersebut dapat berdampak pada pikiran terhadap individu itu sendiri, dapat berupa
pikiran positif maupun negatif.

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
proses penerapan teknik positive self talk dalam peningkatan kepercayaan diri
untuk anak tunagrahita di SLB PGRI Bangorejo? 2) Bagaimana hasil dari
penerapan teknik positive self talk dalam peningkatan kepercayaan diri untuk anak
tunagrahita di SLB PGRI Bangorejo? 3) Faktor apa saja yang mendukung dan
menghambat penerapan teknik positive self talk dalam peningkatan kepercayaan
diri untuk anak tunagrahita di SLB PGRI Bangorejo. Tujuan penelitian ini adalah:
1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan teknik positive self
talk dalam peningkatan kepercayaan diri untuk anak tunagrahita di SLB PGRI
Bangorejo. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil dari penerapan teknik
positive self talk dalam peningkatan kepercayaan diri untuk anak tunagrahita di
SLB PGRI Bangorejo. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor
pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik positive self talk dalam
peningkatan kepercayaan diri untuk anak tunagrahita di SLB PGRI Bangorejo.

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Subyek penelitian ini menggunakan teknik purposive. Adapun teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan model analisis data oleh Miles dan Huberman yang
meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) tahapan penerapan teknik
positive self talk untuk peningkatan kepercayaan diri dimulai dengan bercerita dan
menanyakan kabar dari anak terlebih dahulu lantas di evaluasi dari cerita tersebut
agar tahu akar masalah selanjutnya didorong untuk mengubah self talk negatif
menjadi self talk yang positif. 2) Hasil dari penerapan teknik positive self talk
dalam peningkatan kepercayaan diri yaitu hasilnya bergantung pada peserta didik
dikarenakan memiliki karakter yang berbeda-beda. Teknik ini juga dapat
memberikan efek perasaan yang semulanya negatif menjadi lebih positif. 3)
Faktor yang mendukung dan menghambat penerapan teknik positive self talk
yakni guru mengevaluasi self talk yang ada pada peserta didik dengan cerita.
Faktor penghambat yaitu teknik ini dilakukan kepada anak berkebutuhan khusus
hal itu memberikan dampak kurang adanya pemahaman pada siswa tidak hanya
itu belum tentu juga teknik self talk ini diterapkan oleh siswa maupun orangtua di
rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Anatus AS Solehah
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:07
Last Modified: 14 Nov 2022 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14823

Actions (login required)

View Item View Item