PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAR’ATUSH SHOLIHAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN PUTRI YASINAT WULUHAN KABUPATEN JEMBER

Hasanah, Umi Khofifatul (2022) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB MAR’ATUSH SHOLIHAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN PUTRI YASINAT WULUHAN KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI UMI KHOFIFATUL HASANAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Umi Khofifatul Hasanah, 2022: Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Mar’atush Sholihah di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yasinat Wuluhan Jember

Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Mar’atush Sholihah

Nilai-nilai pendidikan akhlak merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan seseorang melalui pembinaan dalam bidang keagamaan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak seseorang. Pentingnya akhlak sangat ditekankan dalam kehidupan sehari-hari sebagai kunci terciptanya suatu keharmonisan, kedamaian dan saling menyayangi agar berjalan dengan baik. Salah satu kitab yang mengkaji tentang Pendidikan Akhlaq yaitu Kitab Mar’atush Sholihah. Kitab Mar’atus Sholihah merupakan salah satu kitab yang membahas tentang akhlak perempuan, yaitu membahas tentang perilaku-perilaku atau adab yang harus dilakukakan perempuan sholihah baik dalam keluarga maupun didalam masyarakat.
Focus Penelitian yang diteliti antara lain: 1) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam kitab Mar’atus Sholihah aspek akhlaq kepada kedua orang tua di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yasinat Wuluhan Jember?; 2) Bagaimana penerapan nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam kitab Mar’atus Sholihah aspek akhlaq kepada guru di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yasinat Wuluhan Jember?;
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara semi terstrukur dan studi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Huberman dan Saldana. Dengan analisis data yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Adapun hasil dari penelitain ini adalah: 1) penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab mar’atush Sholihah santriwati terhadap kedua orangtua sudah diterapkan dengan baik, seperti taat berbakti dalam perintahnya, tidak kasar dalam betingkah laku. Akan tetapi ada beberapa santri belum menerapkan terhadap kedua orang tua, ada beberapa santriwati yang akhlaknya kurang baik. Masih ada dari santri yang masih membentak orang tua, meskipun mereka melakukannya tanpa sadar namun hal itu tidak diperbolehkan; 2) Penerapan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab mar’atush sholihah terhadap guru atau ustadzah di pondok pesantren sudah cukup diterapkan dengan baik, patuh dan sopan dalam bertingkah laku. Dari banyaknya santri ada beberapa dari mereka santri yang masih belum melakukannya dengan maksimal, masih ada sebagian santri yang menggunjing ustadzah dibelakang serta berperilaku kurang sopan terhadap guru dan ustadzah. Hal ini terjadi karna kurangnya kesadaran diri pada santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Khofifatul Hasanah
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:16
Last Modified: 09 Nov 2022 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item