Analisa Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Micro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ruang Micro Dan Macarina Jember).

DANIL, MUHAMMAD (2021) Analisa Strategi Pengembangan Usaha Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Micro Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ruang Micro Dan Macarina Jember). Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
MUHAMMAD DANIL_0839219026.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Setiap badan usaha dituntut untuk terus melakukan upaya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas badan usahanya agar dapat lebih bersaing dengan bidang usaha lainnya. Persaingan usaha yang membaik akan meningkatkan tingkat perekonomian Indonesia, pembangunan ekonomi melalui sektor Usaha Mikro, Kecil dan Mengengah (UMKM). Dalam pelaksanaan usaha tidak banyak setiap badan usaha selalu berusaha bersaing agar setiap produk dapat dikenal oleh masyarakat. Sehingga diperlukan sikap yang menjadi dasar dari etika berbisnis yang baik dalam hal ini mengutamakan prinsip dasar etika berbisnis islam semata – mata mencari keuntungan berdasarkan berkah dari Allah SWT. Tidak banyak badan usaha yang memperhatikan segi etika dalam berbisnis untuk diterapkan, karena terlalu fokus memaksimalkan keuntungan dengan berbagai cara namun dalam hal ini objek penelitian yang diambil memberikan penguatan bahwa berbisnis harus semata – mata mengejar keberkahan beberapa kuncinya menjauhkan diri dari riba dan selalu berupaya memanusiakan manusia tidak ada pembeda antar setiap karyawan dan jabatan apapun. Fokus tujuan dalam penelitian ini mengacu pada hasil tinjauan lapangan di Pujasera Ruang Micro dan Macarina Jember yang mana meliputi: 1) Untuk menganalisis strategi pengembangan dalam meningkatkan kinerja UMKM berdasarkan prespektif etika bisnis islam. 2) Untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan strategi pengembangan untuk meningkatkan kinerja UMKM dalam prespektif etika bisnis islam. 3) Untuk mengalanisis pengukuran tingkat efisiensi dan efektivitas kebijakan UMKM untuk pencapaian kinerja dalam prespektif etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam pelaksanaan pengumpulan data dengan beberapa tahapan seperti wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data penelitian yang digunakan yakni Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif berangkat dari penelitian lapang dan dikaji oleh teori dan daftar pustaka. Pelaksanaan analisis yang digunakan melalui kondensasi, penyajian data, verifikasi data,kemudian menggunakan keabsahan data dengan melakukan kredibilitas dan membercheck. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi pengembangan peningkatan kinerja dari UMKM menggunakan konsep etika bisnis islam. Dengan mematuhi SOP yang berlaku, memperhatikan setiap kebutuhan karyawan sehingga setiap karyawan merasa nyaman bekerja, tidak menggunakan sistem berbisnis yang mengandung unsur riba, setiap kelebihan dan kekurangan dihadapi sebagai bentuk evaluasi dari UMKM, dan kebijakan yang diterapkan di UMKM dengan berfokus tentang menghasilkan performa terbaik sebagai produk untuk mengharapkan keberkahan dengan menjauhkan diri dari hal Riba semata – mata mengharap Keberkahan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:07
Last Modified: 09 Nov 2022 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14826

Actions (login required)

View Item View Item