Kegiatan Ekstrakurikuler Kajian Fiqih Wanita dalam Pengembangan Perilaku Keagamaan Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Genteng – Banyuwangi

NUZULA, HIKMAH FIRDAUSI (2021) Kegiatan Ekstrakurikuler Kajian Fiqih Wanita dalam Pengembangan Perilaku Keagamaan Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Genteng – Banyuwangi. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
HIKMAH FIRDAUSI NUZULA_0849318023.pdf - Submitted Version

Download (28MB)

Abstract

Dilatar belakangi perilaku peserta didik khususnya perempuan dalam pemahaman tentang ilmu syari’at yang bersifat amaliah. Tidak sedikit anak perempuan tumbuh besar dengan memiliki pemahaman keagamaan yang mumpuni. Permasalahan yang sering di jumpai adalah tata cara beribadah yang belum sesuai, bersuci saat haid, istihadloh ataupun nifas. Serta perilaku muslimah dalam berpakaian dan menggunakan perhiasan serta cara menutup aurat. penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kajian fiqih wanita dalam pengembangan perilaku keagamaan terkait dengan dimensi peribadatan atau syariat dan dimensi pengalaman atau akhlak. Fokus kegiatan ekstrakurikuler kajian fiqih wanita adalah 1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler kajian fiqih wanita dalam pengembangan perilaku keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Genteng? 2) Bagaimana perilaku keagamaan siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kajian fiqih wanita di SMA Negeri 1 Genteng? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan memberikan pemahaman tentang 1) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kajian fiqih wanita dalam pengembangan perilaku keagamaan siswa di SMA Negeri 1 Genteng. 2) Perilaku keagamaan siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kajian fiqih wanita di SMA Negeri 1 Genteng. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif untuk subjek penelitian menggunakan purposive serta teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumenter. Analisis data menggunakan model interaktif Milles Huberman dan Saldana yakni data collection, data condensation, display data, verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan esktrakurikuler kajian fiqih wanita melalui tiga tahapan yaitu (a) Perencanaan melalui analisis kebutuhan, penetapan tujuan dan perencanaan program (b) Pelaksanaan, pertama nilai ibadah berupa, buku rekaman ibadah siswa dan menjaga kebersihan diri (taharah) dari haid, nifas dan istihadloh. Kedua nilai akhlak berupa berpakaian dan perhiasan, menutup aurat (hijab). (c) Evaluasi melalui absensi kegiatan, buku catatan harian, catatan guru BK, penerapan 6K, rangkuman materi. 2) Perilaku keagamaan setelah mengikuti kajian fiqih wanita, diantaranya (a) Mengerti cara bersuci dari haid, istihadloh dan nifas (b) Membedakan waktu keluarnya darah (c) Membedakan warna darah (d) menggunakan hijab (e) Kejujuran (f) Kedisiplinan (i) Tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:07
Last Modified: 09 Nov 2022 06:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item