Strategi Penguatan Daya Saing Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri

WAHYUNITA, SRI (2021) Strategi Penguatan Daya Saing Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SRI WAHYUNITA_0839217034.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Al Qodiri beroperasi sejak tahun 2012. AMDK Al Qodiri terus berkembang dari yang semula hanya ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan air minum jamaah pengajian Manaqib di Pondok Pesantren Al-Qodiri menjadi jauh lebih luas dengan melayani konsumen umum. Dibawah pengelolaan oleh CV. Seven Dream Al Qodiri dan menjadi PT. Tujuh Impian Bersama sejak tahun 2015. Dengan menggunakan inovasi berbasis religi AMDK telah diterima baik oleh konsumen local Kabupaten Jember, dan hingga saat ini produk AMDK Al Qodiri memperluas jangkauan pemasarannya di wilayah karisidenan Basuki, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten pasuruan, Kota Surabaya, Pulau Madura, dan Pulau Bali. Dengan terus menjamurnya produsen AMDK di Kabupaten Jember maupun secara nasional, AMDK AL Qodiri harus melakukan strategi penguatan daya saing untuk memperkuat dan melindungi diri sendiri sendiri dari ancaman, tekanan, persaingan serta memiliki keunggulan dari produsen AMDK Lainnya. Melihat fenomena ini, Penulis tertarik lebih lanjut untuk melakukan Analisa yang mengacu pada focus penelitian sebagai berikut : Bagaimana kegiatan proses produksi AMDK Al Qodiri?, Bagiama strategi penguatan daya saing AMDK Al Qodiri dari segi mutu?, dan bagaimana strategi penguatan daya saing AMDK Al Qodiri dari segi pemsaran?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan produksi AMDK Al Qodiri, strategi penguatan daya saing dari segi mutu, dan strategi penguatan daya saing dari pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisa dengan metode deskriptif dan keabsahan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kegiatan proses produksi pada AMDK Al Qodiri dilakukan dengan sangat hati-hati, menggunakan bahan baku air berkualitas, terkontrol secara elektronik dan terkomputerisasi, dan menggunakan suhu yang sesuai standart kualitas. (2) Strategi Penguatan daya saing dari segi mutu telah sesuai dengan SNI, standar kesehatan ISO, sertifikat halal MUI, BPOM RI, dan dinyatakan layak konsumsi. (3) Strategi Penguatan daya saing pemasaran dengan pendekatan marketing mix syariah yang meliputi, 7P yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process sudah sangat baik dan mampu bersaing secara sehat.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:23
Last Modified: 10 Nov 2022 02:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14845

Actions (login required)

View Item View Item