Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dalam Kompetensi Supervisi Akademik di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember Tahun 2019

ANTIN, LISBIN (2020) Penilaian Kinerja Kepala Madrasah dalam Kompetensi Supervisi Akademik di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember Tahun 2019. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
LISBINANTIN_0849117018.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada dasarnya merupakan faktor kunci dalam mengembangkan organisasi madrasah secara efektif dan efisien. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) sebagai individu sangat bermanfaat bagi dinamika pertumbuhan organisasi madrasah secara keseluruhan, melalui penilaian tersebut maka dapat diketahui kondisi sebenarnya tentang bagaimana kinerja Kepala Madrasah demi peningkatan kompetensi dan mutu Kepala Madrasah. Fokus penelitian ini meliputi 1) Bagaimana perencanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah dalam kompetensi Supervisi Akademik di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember 2) Bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah dalam kompetensi Supervisi Akademik di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember 3) Bagaimana evaluasi hasil pelaksanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah dalam kompetensi Supervisi Akademik di Madrasah Tsanawiyah Al Amien Ambulu Jember. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan 1) Perencanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah dalam kompetensi Supervisi Akademik di MTs Al Amien Ambulu Jember 2) Pelaksanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah dalam kompetensi Supervisi Akademik di MTs Al Amien ambulu Jember tahun 2019. (3) Evaluasi hasil pelaksanaan penilaian kinerja Kepala Madrasah dalam kompetensi Supervisi Akademik di MTs Al Amien Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, dan trianggulasi metode. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan PKKM di MTs Al Amien Jember dengan tahapan Sosialisasi PKKM, Surat pemberitahuan jadwal pelaksanaan PKKM serta Kepala Madrasah koordinasi dengan guru dan tendik terkait pemenuhan bukti fisik dalam pelaksanan PKKM. 2) Pelaksanaan PKKM di MTs Al Amien Ambulu Jember meliputi pemaparan Program atau indikator kerja dari kepala madrasah sekaligus mempresentasikan video profil Madrasah, pemeriksaan bukti fisik sesuai dengan indikator kerja kepala Madrasah, dan Penentuan nilai kinerja kepala Madrasah.3) Evaluasi hasil PKKM yakni dengan pelaporan hasil penilaian kinerja dan menindaklanjuti dengan melibatkan kepala madrasah pada Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yakni dengan Mengikuti Diklat Supervisi Akademik.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:51
Last Modified: 10 Nov 2022 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14857

Actions (login required)

View Item View Item