Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 3 Lumajang Tahun Ajaran 2021/2022

Dzul Kifli, Muhammad (2022) Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 3 Lumajang Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Dzul Kifli_T20181096 (WATERMARK).pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Dzul Kifli, 2022: Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP Negeri 3 Lumajang.

Kata Kunci: Project Based Learning, Berpikir Kreatif, SMP Negeri 3 Lumajang

Model pembelajaran yang menggabungkan kegiatan berbasis proyek dikenal sebagai model project based learning. Dengan menggunakan model pembelajaran ini diyakini siswa dapat mengoptimalkan berpikir kreatifnya dalam mengerjakan keterampilan, bekerja sama, dan berkolaborasi.
Fokus Penelitian ini adalah bagaimana penerapan model project based learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMPN 3 Lumajang? Bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model project based learning di SMPN 3 Lumajang ? Apa hambatan dari penerapan project based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMPN 3 Lumajang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 3 Lumajang, menggambarkan model project based learning di SMPN 3 Lumajang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, serta menguraikan hambatan penerapan project based learning pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti di SMPN 3 Lumajang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran PAI berbasis proyek ini diawali dengan proses penyampaian materi dengan menggunakan beberapa media pendukung yang ada di dalam kelas, selanjutnya tahapan penyampaian prosedural tugas, siswa mengobservasi objek di lingkungan masing-masing dan hasil akhir dinarasikan dalam bentuk kliping/portofolio. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII di SMPN 3 Lumajang cukup signifikan karena pada pertemuan sebelumnya masih menggunakan model pembelajaran konvensional seperti diskusi dan ceramah. Kendala yang dihadapi oleh beberapa guru PAI di SMPN 3 Lumajang ini diantaranya kurangnya adaptasi dari siswa itu sendiri khususnya Kelas VIII C yang dimana pada awal semester ganjil siswa melaksanakan pembelajaran secara daring kemudian pada awal semester genap siswa melakukan pembelajaran secara tatap muka dan juga siswa yang kurang dalam hal kreativitas, kerja sama, hingga kesulitan untuk mencari bahan yang cocok untuk pembuatan proyek yang dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dzul Kifli Muhammad Dzul Kifli
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:25
Last Modified: 10 Nov 2022 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item View Item