Pola Perilaku Burnout Karyawan Dalam Kinerja PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik

Aprilia, Voni (2022) Pola Perilaku Burnout Karyawan Dalam Kinerja PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VONI TRIWULAN_D20185028.pdf

Download (2MB)

Abstract

Voni Triwulan Aprilia, 2022: “Pola Perilaku Burnout Karyawan Dalam Kinerja PT Gresik Migas Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik ”
Kata Kunci: Burnout, Kinerja, Karyawan
Burnout merupakan suatu masalah yang sering timbul dalam dunia kerja atau dapat dikatakan sebagai stres kerja yang disebabkan rutinitas dan juga tekanan yang didapatkan dalam pekerjaannya sehari-hari. Tekanan-tekanan tersebut dapat menimbulkan individu menjadi stres berkepanjangan dan berpengaruh pada mentalnya. Penurnan kinerja akibat burnout ini akan berakibat pada menurunnya kualitas perusaahan.
Fokus masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah: 1) Apa pola perilaku pada karyawan PT Gresik Migas yang mengalami burnout?, 2) Apakah burnout dapat mempengaruhi kinerja karyawan PT Gresik Migas?, 3 )Bagaimana cara mengatasi burnout pada karyawan PT Gresik Migas?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apa saja pola perilaku pada karyawan PT Gresik Migas yang mengalami burnout, 2) Untuk mengetahui apakah burnout dapat mempengaruhi kinerja karyawan PT Gresik Migas, 3) Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi burnout pada karyawan PT Gresik Migas.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) atau dapat juga dikatakan sebagai metode penelitian kualitatif penelitian ini menggunakan taksonomi yang bersifat deskriptif, menganalisis pola perilaku burnout dalam kinerja karyawan di PT Gresik Migas. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, obervasi, dan dokumentasi
Hasil penelitian ini diantaranya adalah: 1) Terdapat beberapa pola perilaku karyawan PT Gresik Migas yang mengalami burnout. Pola perilaku tersebut adalah ketakutan, tertekan kelelahan fisik dan mental, kejenuhan atau perasaan bosan, rendah diri, mudah tersinggung, ingin mencari pekerjaan lain, serta malu dan malas bekerja. 2) Burnout yang dialami karyawan PT Gresik Migas sangat berpengaruh pada kinerja karyawan. Akibat dari pola perilaku buronout yang telah disebutkan karyawan mengalami penurunana kinerja karena kesulitan untuk berkonsentrasi pada apa yang sedang dikerjakan. 3) Cara mengatasi burnout pada PT Gresik Migas didapatkan dua cara, yaitu secara internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Voni Triwulan Aprilia
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:28
Last Modified: 10 Nov 2022 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14868

Actions (login required)

View Item View Item