Pembentukan Karakter Santri Melalui penerapan Tradisi Endog- Endogan di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi

DAWI, SU (2020) Pembentukan Karakter Santri Melalui penerapan Tradisi Endog- Endogan di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SUDAWI_0849316033.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Pembentukan Karakter Santri adalah bagian penting dalam sistem pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. Karakter toleransi, tanggung jawab dan kerjasama santri ditanamkan dan dibentuk dengan menggunakan media berupa tradisi endog-endogan. Tradisi ini dijadikan media pembentukan karakter santri sekaligus untuk memperkaya pengalaman santri dalam proses belajar di pesantren, melalui tradisi masyarakat yang ada disekitar pesantren. Karena pondok pesantren dituntut untuk terus inovatif dan meningkatkan kualitas pembelajarannya, sehingga dapat mendidik santri menjadi Alim dan beraklaq terpuji. Fokus pnelitian tesis ini adalah: (1) Bagaimana pembentukan karakter toleransi santri melalui penerapan tradisi endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi? (2) Bagaimana pembentukan karakter tanggung jawab santri melalui penerapan tradisi endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi? (3) Bagaimana pembentukan karakter kerjasama santri melalui penerapan tradisi endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi? Tujuan penelitian ini untuk (1) mendiskripskan bagaimana pembentukan karakter toleransi santri melaui penerapan tradisi Endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi, (2) mendiskripskan bagaimana pembentukan karakter tanggung jawab santri melaui penerapan tradisi Endogendogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi, (3) mendiskripskan bagaimana pembentukan karakter kerjasama santri melaui penerapan tradisi Endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dengan refkeksi data, kontruksi data dan kesimpulan data. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembentukan karakter toleransi santri melaui penerapan tradisi Endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi ialah dengan penekanan sikap saling menghargai terhadap kepentingan atau beban tugas antar santri, khususnya dalam mensukseskan kegiatan pesantren, (2) Pembentukan karakter tanggung jawab santri melaui penerapan tradisi Endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi ialah dengan penekanan sikap antusias dan penuh perhatian terhadap tugas dan kewajiban santri dalam melaksanakan kegiatan pesantren, (3) Pembentukan karakter kerja sama santri melaui penerapan tradisi Endog-endogan di YPP Miftahul Ulum Bengkak Wongsorejo Banyuwangi ialah dengan penekanan sikap saling melengkapi dan saling membutuhkan antar santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:24
Last Modified: 10 Nov 2022 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14873

Actions (login required)

View Item View Item